START UP FINTECH SEIGO, Membantu meningkatkan Pendapatan Asli Desa dan ber-mitra dengan BumDes.

oleh -127 views

JAKARTA – Seperti kita ketahui, pasca krisis keuangan Amerika Serikat 2008 yang lalu, dunia menjadi akrab dengan istilah baru di bidang bisnis dan perekonomian. Istilah tersebut adalah fintech, yang merupakan singkatan dari financial technologi. Guna dari fintech ini adalah membantu memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mengubah dan mempercepat berbagai aspek pelayanan keuangan, barang, jasa dan lain lain.

Satu lagi perusahaan Start Up Fintech yang mempunyai inovasi luar biasa yang perlu masyarakat Indonesia dan dunia internasional ketahui, yaitu SEIGO Brand Produck dari PT. Antar Cepat Abadi. Sebuah Perusahaan penyedia platfon Aplikasi berbasis Android dan Website.

Didasari rasa penasaran, awak media mencoba mendatangi markas SEIGO yang berada di Jalan Akses Kawasan Industri MM 2100, Gandamekar, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat 17530.
Lokasi yang sangat strategis untuk masuk ke Pintu Gerbang Kawasan Industri Terbesar Di Asia  Tenggara.

Sangat beruntung sekali awak media bisa bertemu dengan Bapak Suhono CEO Seigo atau PT. Antar Cepat Abadi dan Chief Marketing Officer Ibu Delly Maulidawati.

Suhono menjelaskan “SEIGO merupakan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini. Tenaga Developer kami  mengembangkan SEIGO berupa platform keuangan berbasis keagenan yang menjadi solusi pembayaran tanpa menggunakan uang cash sehingga lebih efektif dan efisien, khususnya masyarakat yang masih belum memiliki  rekening bank atau unbankable. Serta mendorong Program Pemerintah untuk dapat menciptakan INKLUSI KEUANGAN. Inklusi keuangan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2016 tentang Strategi
Nasional Keuangan Inklusif. Sebuah kondisi dimana setiap anggota masyarakat mempunyai akses  terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman dengan biaya  terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing”.

Di Indonesia, kelompok masyarakat  yang diprioritaskan untuk mendapat akses keuangan antara lain masyarakat berpenghasilan rendah pelaku  UMKM, pekerja migran, wanita, disabilitas, anak terlantar, lansia, penduduk daerah tertinggal, serta pelajar  dan pemuda”, jelas Suhono.

“Kami di SEIGO menjamin bahwa teknologi yang dikembangkan memiliki keamanan yang tinggi karena menggunakan sistem security berlapis dan mendapat dukungan dari Perusahaan-perusahaan yang bonafit pada bidangnya. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan teknologi keuangan terbaik, menjalin kerja sama dengan berbagai partner ternama di Indonesia mulai dari Bank, Penyedia PPOB, E-commerce, Agen  Jual Beli Pulsa, dan Lembaga Keuangan”, lanjut Suhono.

“Bu Delly, Kalau boleh tahu apa saja Produk dan layanan SEIGO?”.

“Banyak mas, SEIGO mempunyai layanan Unggulan :
– ShuttleReload
– Shuttle Travel
– Seigo Shop
– Seigo Pay
– ShuttleXpress.
Shuttle Reload adalah Aplikasi penjualan kebutuhan masyarat yang telah kami kembangkan dengan beberapa
Provider, seperti pembelian pulsa, paket data, pembayaran TV kabel, Token listrik (listrik paska bayar dan pra bayar), voucher game, BPJS, Internet, top-up E- TOLL, berbagai e-wallet, dan lain lain. ShuttleReload selalu melengkapi lini produknya untuk memenuhi segala kebutuhan  masyarakat.


Shuttle Travel adalah penyediaan Fasilitas Penjualan Ticketing seperti, Kereta Api, dan Pesawat Terbang.
Dalam pengembangan kedepan akan kami lengkapi dengan Produk Tiket BUS, Hotel serta Tiket untuk tempat  wisata yang di kelola oleh Desa dan Daerah.

Seigo Shop salah satu produk nya adalah TOKOBUMDES.id, yaitu E-Commerce yang kami kembangkan untuk menampung product-product Lokal dari DESA/BUMDES dan masyarakat Pengguna/Pengunduh Aplikasi. TOKOBUMDES menjembatani Produk Lokal agar
dapat berkembang dan tumbuh bersama dengan cakupan market yang lebih luas. Hasil bumi, Produk Home  Industri, Handycraft, Bibit Tanaman dan semua Produk akan kami kategorikan secara terpisah sehingga  mempermudah dalam pencarian produk-produk.
Selain Online, kami juga mensupply beberapa produck ke Offline Store BUMDES.
Saat ini kami telah  bekerjasama dengan beberapa perusahaan untuk mendistribusikan Produknya antara lain,
SEIGOPAY : adalah Dompet Digital yang dikembangkan agar dapat digunakan masyarakat/Pengguna Aplikasi  untuk bisa melakukan TOP UP. Seiring perkembangan technologi, saat ini SEIGOPAY sedang kami kembangkan untuk dapat memenuhi standar dan peraturan dari Bank Indonesia untuk dapat bertransaksi mengunakan  QRIS.
Tentu hal ini dapat mempermudah dan menyederhanakan  pembayaran para Mitra.

Dengan SEIGOPOS Kami berencana mengembangkan kembali produk-produk Inovative lainnya termasuk kerjasama keagenan dengan beberapa Bank Besar. Gunanya antara lain untuk penyaluran program-program Pemerintah berbasis kartu.
SEIGOPOS dapat di integrasikan dengan server Lembaga pemerintah”, Delly Maulidawati menjelaskan panjang lebar.

Selanjutnya Chief Marketing Officer SEIGO ini menjelaskan,
ShuttleXpress adalah Produk Pertama dari SEIGO yang mengawali usaha kami, dengan Layanan Courier  Domestik dan Internasional Courier. ShuttleXpress menjadi jembatan bagi UMKM dan pengusaha serta  masyarakat Indonesia untuk dapat mengembangkan Usaha nya baik Domestik maupun Mancanegara. Service  tercepat adalah kepuasan bagi kami. Adapun Service Layanan kami saat ini meliputi :
Domestik Service :
– Express Esok Sampai
– Cargo
– City Courier.
International Service :
Bekerja sama dengan Jaringan SKYNET Internasional (UK) , kami memberikan layanan pengiriman hingga 220
negara di dunia. Baik Small Packet dari UMKM, Pengiriman Pribadi serta Corporate Service. Terdapat banyak
pelanggan dari Pekerja Migran Indonesia di Luar negeri yang menggunakan Service kami, terutama service
unggulan ke ASIA dan Timur Tengah.

“Saya kembali ke pak Suhono, Saya dengar tahap awal ini SEIGO akan membangun kemitraan dengan BUMDES, kenapa BUMDES pak ?”

Gini loh mas, saya melihat hampir semua perusahaan star up atau Fintech tidak ada yang milirik Bumdes. Padahal Bumdes adalah pasar yang sangat potensial, karena bersinggungan langsung dan dekat dengan masyarakat. Kami tidak ingin semata-mata berbisnis. Selain berbisnis kami ingin membantu pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi pedesaan dan menciptakan lapangan pekerjaan, yaitu dengan membangun Ekosistem Desa Digital. Dengan terbangunnya Sistem Informasi Desa di seluruh pelosok Nusantara, maka otomatis sebuah ekosistem baru akan terbentuk. Perubahan demi perubahan akan nampak, segala informasi dan pemerintahan desa yang smart akan saling terintegrasi. Karena dengan Ekosistem Smart Village akan terbentuk :
1. Semua kegiatan akan terdokumentasi secara digital, sehingga mempermudah pelaporan dan pengawasan.
2. Antar Desa, Kecamatan, Kabupaten, Propinsi akan mudah terhubung satu sama lain.
3. Dashbord Monitoring terpusat untuk memantau aktivitas website desa.
4. Semua Informasi pada website desa akan terkumpul dalam satu dashbord untuk memudahkan
monitoring bagi pemangku kebijakan”, pungkas Suhono. (Rel)