Sensasi Ramadhan di Pondok Pesantren Khomsani Nur

oleh -26 views

LUMAJANG – Alhamdulillah Ramadhan tahun ini, adalah untuk kesekian kalinya Kami jalani pada Pondok Khomsani Nur Klanting Lumajang. Yang mana Ramadhan merupakan bulannya ummat dan tentunya harus mengisinya dengan sebaik baiknya.
Kami pun menyambutnya dengan senang hati melalui kegiatan bersih bersih gubug, kamar mandi, dapur dan ruang kelas.

Pada tahun ini seperti biasanya ada kegiatan mengaji khusus pada bulan ramadhan, yaitu untuk kelas kitab ada pelajaran Kitab Salaf siang hari. Sementara bagi kelas Alquran pagi dan sore ada kegiatan sorogan dan Murojaah. Malam harinya untuk semua kelas tadarrus bersama.

Ada juga kegiatan wajib semua kelas yaitu bada duhur pengajian bersama Kitab Fathul Qorib yang diisi oleh Pengasuh Ponpes.

Yang istimewa pada Pesantren Khomsani Nur adalah adanya kegiatan menulis Sholawat Nuruz Zaman bada sholat tarawih.

Para donatur pondok pun juga cukup antusias dalam menyambut ramadhan yang penuh berkah ini. Terbukti dalam waktu seminggu list untuk satu bulan buka bersama sebanyak 90 santri setiap harinya langsung penuh.

BACA JUGA BOS:   Puan: PDIP Siap Punya Capres Sendiri

Alhamdulillah donatur Pondok yang berdonasi untuk bukber ini tidak hanya dari wilayah Lumajang saja, tetapi juga dari Jakarta dan Surabaya.

Mereka semua antusias untuk mengisi List daftar donasi buka bersama setiap harinya dengan menu yang bervariasi. Ada yang menyumbang 1 hari, 2 hari dan bahkan sampai 5 hari namanya tertera pada daftar penyumbang buka bersama.

Selain Kegiatan Mengaji yang full sampai H-5 Syawwal, yang membuat ramadhan pada pesantren ini spesial adalah Sholat Tarawih. Yang pelaksanaanya setiap hari adalah satu juz di Musjolla. Dengan Imamnya adalah para santri penghafal Alquran dengan tujuan untuk melatih hafalan mereka.

Sedangkan untuk Kelas Tachfidh Al-Qur’an MA Khomsani Nur seminggu 2 kali melaksanakan Tarawih 5 Juz yang pelaksanaannya di Asrama Tachfidh yang baru. Hal ini dilakukan untuk melancarkan Hafalan para murid dengan kegiatan praktek hafalan pada Sholat Tarawih.

BACA JUGA BOS:   Puan: PDIP Siap Punya Capres Sendiri

Suasana tenang dan syahdu pun mengiringi kegiatan sholat ini, selain karena tempat pesantren ini yang sunyi (berada pada tengah sawah).
Suasana alam yang begitu natural dengan gemericik air dan hembusan angin serta suara binatang pun juga nenambah semangat sholat pada Pesantren Khomsani Nur.

Sehingga durasi sholat tarawih sekitar satu jam di musholla dan dua jam di Asrama Tachfidh tidak terasa berat dalam menjalankannya. Juga pada setiap pertengahan rakaatnya, selalu ada jeda istirahat, yang dimanfaatkan untuk sekedar minum atau relaksasi (melemaskan otot) kami semua.

Selain itu Pada hari ke 12 Ramadhan dilaksanakan kegiatan bagi Takjil yang kali ini bertempat di Jalan Panjaitan untuk warga sekitar. Alhamdulillah merupakan kegiatan rutin para murid MA Khomsani Nur setiap tahunnya untuk melatih kepedulian terhadap sesama.

BACA JUGA BOS:   Puan: PDIP Siap Punya Capres Sendiri

Adapun untuk sahur kami memasak bersama pada dapur sederhana yang masih menggunakan tungku dan kayu hakar sebagai bahan bakarnya.
Semoga Ramadhan tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya dan kita semua dapat bertemu kembali pada ramadhan tahun berikutnya. Amin. (Atz)

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

gapuranews

Gambar Gravatar

Latest posts by gapuranews (see all)