Seniman Kontemporer Indonesia Pameran di Bulgaria

  • Whatsapp
Foto: Seniman kontemporer Indonesia pameran di Bulgaria. (ist)

BULGARIA – Dalam rangka promosi budaya dan industri kreatif Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sofia mengadakan pameran seni kontemporer Indonesia di Galeri Nasional Bulgaria dari tanggal 9 Juli 2019 hingga 1 September 2019.

Pameran yang berjudul Synthesis tersebut diikuti oleh 10 Seniman Indonesia yaitu Dita Gambiro, Theresia Agustina Sitompul, Citra Sasmita, Etza Meisyara, Elia Nurvista, Natasya Tontey, Sri Astari Rasjid, Yudi Sulistyo, Ivan Sagito, dan Bambang “Toko” Witjaksono, serta melibatkan juga 5 seniman bulgaria, yaitu Victoria Petrova,Daniela Todorova, Krum Yankov, Katelina Kancheva, dan Chudomir Dragnev. Seniman-seniman Bulgaria tersebut menyatakan sangat bangga bisa ikut serta dalam pameran ini bersama rekan-rekan seniman dari Indonesia mengingat hal ini baru pertama kalinya diadakan di Bulgaria.

Muat Lebih

Foto: Suana Seniman kontemporer Indonesia pameran di Bulgaria. (ist)
Susana Seniman kontemporer Indonesia pameran di Bulgaria. (ist)

Menurut Kurator Pameran, Citra Smara Dewi, karya-karya yang dipamerkan mewakili berbagai elemen seni kontemporer, mulai dari lukisan, instalasi, hingga video art. Karya – karya tersebut menyuarakan berbagai tema mulai dari hal sederhana yang dijumpai sehari-hari, hingga isu lingkungan, dan masa depan.

Dalam sambutannya Menteri Kebudayaan Bulgaria memberikan apresiasinya kepada inisiatif tim Indonesia untuk pameran. Menurutnya, jarak geoografis yang jauh antara Bulgaria dan Indonesia bukan halangan untuk dialog dan kerjasama kedua negara khususnya di bidang kebudayaan.

Berbagai pengunjung yang datang mulai dari pejabat pemerintah, pengusaha, pelajar, dan masyarakat umum sangat antusias melihat karya-karya yang dipamerkan. Berbagai pujian dari pengunjung tidak hanya untuk pengorganisasian pameran, namun juga untuk karya-karya yang dipamerkan baik oleh seniman Indonesia maupun seniman Bulgaria.

Karya Seniman kontemporer Indonesia yang di pameran di Bulgaria. (ist)

Hal ini membuktikan bahwa seni merupakan bahasa universal yang dapat menyatukan manusia dari berbagai latar belakang.

Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid menyampaikan bahwa pameran ini dilaksanakan dalam rangka memperingati 63 tahun hubungan diplomatik RI-Bulgaria, sekaligus wujud konkrit pelaksanaan MoU Kebudayan kedua negara.

Pameran tersebut juga merupakan bagian promosi terpadu yang dikemas dalam Wonders of Indonesia 2019 di Bulgaria yang melputi berbagai acara mulai dari festival film, kuniner, fashion show, tari kontemporer, serta pameran budaya. Diharapkan dengan rangkaian kegiatan ini, tidak hanya citra Indonesia semakin dikenal, namun juga terbuka semakin luas peluang kerja sama di berbagai bidang khususnya pariwisata dan perdagangan. (**/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *