Selain Pisang, 4 Makanan Populer Ini Mengandung Banyak Potasium

oleh -488 views

Potasium atau kalium merupakan zat mineral alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, zat ini juga bisa berkurang melalui aktivitas kita sehari-hari. Untuk mencegah kekurangan, pastikan kita mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium seperti pisang yang mengandung sekitar 422 mg potasium atau 9 persen asupan zat gizi perhari (AI). Nah, selain pisang, ternyata ada banyak buah dan sayuran populer yang juga mengandung lebih banyak zat mineral yang penting ini.

Berikut empat makanan populer dengan lebih banyak kandungan potasium :

  1. Alpukat

Kita tentunya sudah tidak asing dengan alpukat. Selain mengandung lemak sehat dan serat, buah ini juga kaya akan potasium. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Hanya setengah dari alpukat mengandung 487 mg potasium, alias 10 persen dari asupan zat gizi perhari (AI). Jika kita mengonsumsi semuanya dalam sekali makan, kita akan memenuhi 20 persen dari dosis harian mineral.

  1. Ubi Ungu

Ubi ungu adalah ubi jalar yang mengandung beta karoten yang memiliki manfaat sebagai antioksidan. Ketahuilah bahwa satu ubi jalar berukuran sedang mengandung sekitar 541 mg potasium yang merupakan 12 persen AI untuk mineral. Kita bisa mengonsumsinya dengan direbus sebagai camilan atau mungkin memanggangnya.

  1. Bayam

Bayam tidak hanya merupakan sumber zat besi, vitamin K, dan magnesium yang baik. Tetapi, sayuran hijau berdaun ini juga mengandung cukup banyak natrium dan kandungan potasium. Seperti ubi jalar, satu mangkok bayam bisa mengandung 540 mg mineral yang memenuhi sekitar 12 persen dari kebutuhan harian kita.

  1. Semangka

Semangka adalah buah yang menghidrasi dan padat nutrisi yang mengandung 640 mg potasium atau sekitar 14 persen AI. Di samping itu, buah semangka juga menawarkan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C, vitamin B6, dan magnesium. (ima)

The following two tabs change content below.