Sederhana Namun Tetap Khidmat, Upacara HUT ke-75 RI di Stockholm

oleh -119 views
Upacara HUT ke-75 RI di Stockholm

STOCKHOLM – Pada tanggal 17 Agustus 2020, bertempat di Wisma Duta Besar, KBRI Stockholm melaksanakan Upacara HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI. Oleh karena pandemi Covid-19, dan dengan memperhatikan rekomendasi Pemerintah setempat mengenai larangan berkumpul lebih dari 50 orang, dan rekomendasi Pemerintah RI untuk menyelenggarakan kegiatan upacara yang sederhana, kegiatan upacara kali ini dilakukan secara tidak biasa.

Kegiatan tersebut jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana upacara hanya dihadiri secara fisik oleh internal staf KBRI Stockholm. Sedangkan keikutsertaan masyarakat Indonesia di Swedia dan Latvia, dilakukan secara live streaming melalui kanal Youtube dan medsos KBRI Stockholm.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Stockholm, Tanti Widyastuti yang bertindak selaku Pembina Upacara, membacakan intisari Pidato Kenegaraan 2020 Presiden RI. “Oleh karena pandemi Covid-19, saat ini perekonomian sedang macet. Untuk itu, harus dilakukan re-start, dan membajak momentum krisis ini untuk lompatan besar menjadi Indonesia maju” ujar Tanti. “Kita harus bangga terhadap produk Indonesia. Kita harus membeli produk dalam negeri.” tambah Tanti.

Di akhir sesi Amanat Upacara, Tanti menginfokan bahwasanya designated Dubes RI untuk Swedia dan Latvia, Bapak Kamapradipta Isnomo, telah mendapatkan Agrement (persetujuan) dari Pemerintah Swedia, dan tengah menunggu persetujuan dari Pemerintah Latvia.

Menutup kegiatan upacara, seluruh petugas dan peserta upacara yang terdiri dari staf KBRI Stockholm, bersama-sama menyanyikan lagu Syukur. Seluruhnya meresapi kekhidmatan penyelenggaraan upacara yang sederhana, dan terus mengucap syukur atas rahmat dan perlindungan Tuhan YME. 

Doa yang terbaik juga dipanjatkan untuk Republik Indonesia dan seluruh dunia dalam menghadapi pandemi yang tengah terjadi. Dirgahayu Republik Indonesia, Indonesia Maju, Bangga Buatan Indonesia, Merdeka! (red)