Safari Kapolres Sergai ke SMAN 1 Dolok Masihul, Pelajar Ajukan Pertanyaan Seputar Polri

oleh -21 views

SERGAI | Silaturahmi Kapolres Sergai AKBP Dr. Ali Machfud S. IK. M. IK hari ini dilaksanakan di SMAN 1 Dolok Masihul, yang berada di Lingk.II Kel.Pekan Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul- Sergai, Kamis (24/11/2022).

Kehadiran Kapolres Sergai didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Nasional (Kacabdisdiknas) UPT Sei rampah Dr. M. Syafii. SPd. MPd, guna ber silaturahmi dengan Pendidik (Guru) dan siswa kelas X, XI, dan XII SMAN 1 Dolok Masihul.

example banner

AKBP Ali Machfud selalu Kapolres Sergai di hadapan seluruh Pendidik dan siswa menjelaskan, kalau kehadiran dirinya selain ber silaturahmi juga ingin berdialog kepada para generasi penerus bangsa ini.

“Kita tidak tau mau jadi apa kita kedepannya nanti, tapi selayaknya mulai sekarang kita harus mempersiapkan diri agar menjadi apa saja, persiapkan diri, skill, knowledge (pengetahuan) dan attitude (sikap/perilaku)serta kuasai ilmu dasar hidup, bahasa, matematika dan sains. Jika hal ini mampu kalian kuasai, dengan cara belajar dan banyak membaca (literasi) maka hal apapun akan dengan mudah dikuasai atau diker jakan”, papar Kapolres.

Kapolres Sergai juga menjelaskan, ka kau saat ini kasus cabul dan persetubuhan anak dibawah umur, dengan korban dan pelaku adalah anak dibawah umur,termasui kasus tettinggi di wilkum Polres Sergai disamping narkoba.

“Untuk itu kami himbau agar adik pelajar mampu menghindari pergaulan bebas, dan sebagai penerus bangsa harus bisa menjaga diri dengan baik, dan harus lebih bagus dan lebih baik dari generasi sebelumnya. Hindari, jauhi dan jangan coba-ciba menggunakan narkoba, karena narkoba merusak generasi bangsa. Harapan kami, adik -adik pelajar dapat menjadi agen Polri untuk membentengi masyarakat menjauhi narkobanarkoba, ” jelas Ali Machfud.

AKBP Ali Machfud juga merinci, saat ini Polisi tidak ada melakukan Tilang manual, selain dengan tilang elektronik/ ETLE/ Mobile ETLE.

“Untuk itu kita semakin dewasa dalam berlalulintas, gunakan helm standar, antisipasi kecelakaan, jangan sampai impian generasi muda hancur/ hilang gegara kecelakaan. Kita harus patuh dan tertib karena adanya aturan yang mengatur, dan bukan karena ada Polisi, karena peraturan adalah cerminan diri dari Negara, ” tandas Kapolres.

Tiga orang pelajar mewakili siswa mengajukan pertanyaan, 1.apakah Mela Mar Akpol harus pakai duit atau siap? 2. Kepercayaan masyarakat saat ini menurun kepada Polri, apa tindakan Polri, 3.Apakah tamatan SMP dpt mendaftar menjadi anggota Polri?

Tegas, dalam hal ini Kapolres menja barkan, melamar Akpol gratis dan tidak bisa main siap, seleksi dilaksanakan cukup panjang,. Kuncinya persiapkan diri kalian untuk jadi apa saja, siap secara fisik, mental, skill, knowlegde dan attitude, kuasai kemampuan hidup dasar (lari, lompat, renang), Ilmu hidup dasar (bahasa, matematika, sains).

Menyangkut masalah Polri yang dilakukan oknum, Polri melakukan Reformasi disegala kini, baik secara kultur, struktur dan substansi. Melaksanakan bimbingan rohani setiap minggu kepada personil Polri, didampingi tokoh agama/ rohaniawan, serta memberikan pelatihan guna meningkatkan kemampuan anggota Polri dalam pelaksanaan tugas, Polri juga membangun komitmen untuk bekerja dengan baik,karena setiap anggota Polri dituntut tidaak hanya baik namun juga harus baik dalam bekerja.

Untuk kepangkatan Tamtama minimal SMP, jika pendaftar banyak dari SMA, maka lulusan SMA lah yang diprioritaskan.

Terakhir,Kapolres meminta kepada seluruh pelajar agar memperbanyak membaca/Literasi,karena saat ini adalah zaman post truth/ kebenaran relatif sehingga dgn banyak membaca kita juga melakukan fake check/ pengecekan fakta sehingga kita tidak menjadi korban Hoax, pungkas Kapolres.

Turut hadir Ps.Kapolsek Dolok Masihul,Iptu H. Sagala, Kasat Binmas, Iptu R. Panjaitan beserta anggota Sat Binmas,Ka SMAN 1 Dolok Masihul, Gundur Pulungan, S.Pd, Guru dan siswa/i SMAN 1 Dolok Masihul. (EB)

Foto :
Kapolres Sergai silaturahmi ke SMAN I Dolok Masihul.