Robert Sang Pematung Karya Hidup

  • Whatsapp
Foto: Robert pembuat patung hidup (jbaf)

Robert selalu mewujudkan karyanya dengan merekayasa bahan, bentuk dan tehnik sehinggaa dapat dinikmati dengan baik saat penikmat karyanya berperan memainkan gerak yang secara mekanis telah di rancangnya

MEDAN – Seiring bergesernya zaman, Indonesia yang memiliki keberagaman kebudayaan, patut berbangga bahwa tetap saja hadir maestro seni yang menghasilkan karya-karya mengagumkan.

Muat Lebih

Bermodalkan kemampuannya mengukir, membentuk dan memahat, Robet Bronson Simanjuntak sudah terbukti handal dalam menghasilkan karya kriya yang memiliki nilai falsafah. Setiap karyanya diyakininya bercerita tentang perjalanan hidup.

Baru-baru ini, karya yang ditampilkan adalah patung kontemporer sigalegale yang dapat dimainkan dengan tali mengikuti irama gondang pada acara karnaval pesona danau toba 2016 pada Agustus lalu. “Saya sering menggunakan medium yang ditemukan disekitar rumah,” katanya, Sabtu (17/9/2016).

Robert lahir di Bukit Lima Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Indonesia, pada tanggal 25 Mei 1980. Ia mengaku bahwa sejak kecil sudah tertarik menggeluti bidang kriya, hingga menghantarkannya menjadi mahasiswa Institut Seni Yogyakarta jurusan seni kriya kayu.

“Saya mulai menyadari bahwa bentuk-bentuk yang bervolume serta mampu menampilkan gerak dan suara itu lebih disukainya daripada bentuk-bentuk dua dimensi,” katanya.

Dalam proses penciptaan karyanya, Robert selalu mewujudkan karyanya dengan merekayasa bahan, bentuk dan tehnik sehinggaa dapat dinikmati dengan baik saat penikmat karyanya berperan memainkan gerak yang secara mekanis telah di rancangnya. Ia merasa menemukan ‘chemistry’ pada karyanya ketika mampu berinteraksi dengan manusia disekelilingnya.

Ia menambahkan bahwa hal tersebut dapat menjadi sesuatu yang lebih menantang dan membutuhkan tenaga lebih untuk diselesaikan.Di Pameran Seni Rupa Jong Bataks Arts Festival 2016 pada tanggal 25-28 Oktober 2016 beberapa karya baru akan dipamerkan. (jbaf/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *