Puncak Acara Peringatan HUT Ke-62 Kostrad, Dihadiri Mantan Pejabat dan Sesepuh Kostra

oleh -10 views

Jakarta – Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. memimpin syukuran peringatan HUT Ke-62 Kostrad tahun 2023, dilaksanakan secara serentak dan sederhana melalui Video Conference yang diikuti oleh seluruh jajaran Divif 1, 2 dan 3 Kostrad serta satuan yang melaksanakan penugasan, bertempat di Lapangan Upacara, Markas Kostrad, Gambir. Jakarta Pusat. Senin (6/3/2023).

Kegiatan diawali dengan pemutaran video lintas sejarah Kostrad dilanjutkan dengan sambutan kehormatan dari Pangkostrad ke-19 Letnan Jenderal TNI (Purn.) Tarub selaku sesepuh Kostrad yang hadir pada acara ini.

Letjen TNI (Purn.) Tarub mewakili sesepuh, menyampaikan, bahwa perkembangan Kostrad sangat luar biasa, saya bangga pernah menjadi anggota Kostrad dan masih bisa berkumpul dengan prajurit Kostrad. Prajurit Kostrad agar tetap semangat dalam pengabdian kepeda bangsa, negara dan selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pengalaman itu guru terbaik, banyak pengalaman yang dapat diambil agar bisa sukses di kemudian hari. Sukses itu tidak gratis, tapi harus kerja keras, berinovasi, kreativitas dan harus kuat dimanapun berada,” ujar Letjen TNI (Purn.) Tarub.

“Kostrad harus jadi panutan dan pengaman bangsa Indonesia, karena saat ini Kostrad merupakan satuan elit terbesar yang dimiliki TNI,” tambah Letjen TNI (Purn.) Tarub.

Letjen TNI (Purn.) Tarub juga berpesan kepada para pemimpin Kostrad untuk selalu mempedomani 11 asas kepemimpinan, salah satunya yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo artinya menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi anak buahnya seperti salah satu contoh jika dalam berperang maka pemimpin harus hadir berjuang bersama-sama.

Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Kasad hadir, mantan Panglima TNI hadir, mantan Kasad hadir, sesepuh Kostrad hadir dalam peringatan HUT ke-62 Kostrad merupakan wujud kecintaan dan penghormatan kepada Kostrad.

“Saya ucapkan selamat HUT ke-62 Kostrad, Kostrad Luar Biasa,” ucap Kasad.

Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, mengucapkan terima kasih kepada Letnan Jenderal TNI (Purn.) Tarub dan sesepuh Kostrad atas sambutan dan motivasi yang diberikan untuk Prajurit Kostrad, dimana di umur yang tidak muda lagi beliau masih  bisa memberikan saran yang terbaik untuk kemajuan satuan Kostrad.

Kasad juga berpesan kepada Prajurit Kostrad yang sedang melaksanakan penugasan di Papua agar bertindak tegas kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), tetapi tetap melakukan pendekatan teritorial terhadap masyarakat. “Kalau untuk keamanan negara, segera ambil keputusan dan lakukan tindakan,” ujar kasad.

“Satu lagi yang tidak kalah penting yaitu dengan adanya program Babinsa masuk dapur, jangan sampai ada lagi masyarakat yang kelaparan. Berbuat baik dengan tulus iklas kepada siapapun, banyak memberi dan banyak bersedekah. Banyak bersyukur dengan apa yang sudah digariskan tuhan kepada kita. Saya bangga kepada prajurit Kostrad. Kostrad Luar biasa,” pungkas Kasad.

Sementara itu, dalam sambutannya Pangkostrad mengucapkan selamat datang dan bangga kepada sesepuh Kostrad yang sudah hadir dalam kegiatan Syukuran Peringatan HUT ke-62 Kostrad.

Pangkostrad menjelaskan jika acara peringatan HUT Ke-62 Kostrad ini mengambil tema “Disiplin, Militan, Profesional dan Dicintai Rakyat”.

“Tema ini secara tidak langsung merefleksikan niat, tekad dan semangat seluruh prajurit Kostrad untuk berbuat dan bekerja dengan lebih keras, lebih cerdas dilandasi dengan keikhlasan sehingga prajurit Kostrad menjadi profesional dalam melaksanakan tugas pokok, terlatih dalam kemampuan dan keterampilan prajurit serta semakin dicintai rakyat karena keberadaannya yang selalu memberi solusi terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat,” ujar Pangkostrad.

“Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-62 Kostrad, telah dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, di antaranya : berbagai perlombaan, olah raga bersama, karya bakti pembersihan tempat ibadah dan fasilitas umum, renovasi RTLH veteran / purnawirawan, serta kegiatan bakti sosial tersebar berupa donor darah, pembagian sembako, pengobatan massal, ziarah TMP Kali Bata, doa bersama dan diakhiri dengan acara Syukuran,” pungkas Pangkostrad.

Puncak acara dalam kegiatan ini adalah dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Pangkostrad didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Ibu Uli Simanjuntak  dan diberikan kepada Prajurit Kostrad yang berprestasi diantaranya :

1.            Lettu Inf Jawad Yodi Apria, S. Tr. (Han) (Yon Satria Sandi Yudha Kostrad) berhasil mendapatkan 1 pucuk senjata M16.

2.            Serka Jhoni Tanan (Yon Satria Sandi Yudha Kostrad) berhasil mendapatkan 1 pucuk senjata M16.

3.            Serka Guntur Wicaksono ( Infolahta Kostrad) juara 1 TNI/Polri Kumite  84 Kg Putra kejuaraan Nasional Karate Kasasi Cup Tahun 2023.

4.            Koptu Irpan (Denma Kostrad) Mendapatkan penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta atas budidaya Magot.

5.            Praka Rifki (Yonzipur 9 Kostrad) Juara 1 Marathon 42 Km  Mybank Marathon Internasional Tahun 2022 di Bali.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab melalui Video Conference antara Pangkostrad dengan satuan jajaran baik yang sedang melaksanakan tugas dan acara foto bersama serta ramah tamah dengan menyaksikan penampilan tarian perang dari personel dan Persit Divif 1 Kostrad, diantaranya : tarian Papua dari Yonif PR 328, tarian Dayak dari Yonkav 1, dan tarian piring dari Yonarhanud 1 Kostrad.

Acara syukuran ini dihadiri para Pejabat Pangkostrad dan Kaskostrad di masanya, antara lain Letnan Jenderal TNI (Purn.) Tarub,  Jenderal TNI (Purn.) Wiranto, Letnan Jenderal TNI (Purn) Sugiono, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Jhony J. Lumintang, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Burhanuddin Amin, Jenderal TNI (Purn.) Gatot Nurmantyo, Jenderal TNI (Purn.) Mulyono, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Agus Kriswanto, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Besar Harto Karyawan, Mayjen TNI (Purn.) Kiflan Zein, Mayjen TNI (Purn.) Sang Nyoman Suwisma, Letjen TNI (Purn.) Sumarsono, Mayjen TNI (Purn.)  Zahari Siregar, Mayjen TNI (Purn.) Meris Wiryadi, Mayjen TNI (Purn.) Bambang Taufik, Mayjen TNI (Purn.)  Asril Tanjung, Mayjen TNI Ainurrahman dan Kepala Staf Kostrad Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, S.I.P., Irkostrad Mayor Jenderal TNI Dian Sundiana, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Para Kabalak Kostrad, serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad beserta Wakil Ketua dan para pengurus. (Penkostrad).