Prediksi Thailand vs Indonesia Final AFF Leg 2

oleh -6 views
Prediksi Thailand vs Indonesia

GAPURANEWS.COM – Prediksi Thailand vs Indonesia dalam jadwal final Piala AFF 2021 leg 2 bakal menjadi laga yang sulit bagi timnas senior Garuda setelah kekalahan telak di leg 1.

Pertandingan dapat disaksikan siaran langsung RCTI dan iNews TV, dimulai pukul 19.30 WIB, Sabtu (1/1/2021). Lantas, apa syarat Timnas Indonesia bisa menjadi juara AFF Suzuki Cup 2020?

Syarat Timnas Indonesia untuk bisa menjadi juara Piala AFF 2021 adalah harus menang lebih dari 4 gol dari Thailand di leg kedua nanti. Dalam pertemuan perdana yang digelar pada Rabu (29/12) di Stadion Nasional Singapura, skuad Garuda kalah dengan skor 0-4.

Hampir mustahil bagi Irfan Jaya dan kawan-kawan untuk bisa mengalahkan Thailand terlebih dengan skor besar. Namun, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia tidak ingin anak asuhnya menyerah begitu saja.

“Bagaimanapun, bola itu bulat, kami tidak akan menyerah dan akan tetap berjuang. Saya tidak menaruh fokus terlalu banyak pada apa yang salah pada malam ini, tetapi pada apa yang harusnya kami lakukan dan mendorong [motivasi] para pemain,” tandas pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini dilansir laman resmi AFF Cup.

Perbedaan kualitas antara kedua tim begitu kentara dalam laga final AFF Cup 2021 leg 1. Sepanjang pertandingan, tim Gajah Perang begitu mendominasi dengan 66,6 persen penguasaan bola. Sementara itu, skuad Garuda hanya mampu memegang 33,4 persen.

Indonesia tidak mampu memutus skema operan pendek yang terus dilancarkan para pemain Thailand. Beberapa kali barisan pertahanan pasukan Shin Tae-yong kecolongan lewat umpan terobosan dari Supachok Sarachat, Bordin Phala, maupun Philip Roller.

Nama terakhir disebut merupakan pemain bertahan, tetapi tak jarang membantu serangan dan berhasil menyumbang 2 assist, masing-masing untuk gol Chanathip Songkrasin (2′) dan Supachok Sarachat (67′). Selain itu, kapten tim Chanathip Sokrasin juga tampil memukau dengan torehan 2 gol dan 1 assist.

Indonesia hanya mampu melancarkan serangan lewat serangan balik yang sejatinya tidak terlalu efektif. Beberapa kali umpan yang dikirimkan Ricky Kambuaya terpotong di tengah jalan. Sepanjang pertandingan, skuad Garuda hanya bisa melepaskan 4 tembakan dan cuma 1 di antaranya yang mengarah ke gawang lawan.

Selain pola permainan yang wajib diperbaiki, Indonesia juga perlu mengurangi jumlah pelanggaran non-taktikal. Asnawi Mangkualam dan kawan-lawan kerap melakukan tindakan yang sebenarnya tidak perlu. Meski tidak ada satu pun gol yang lahir dari servis bola mati, namun ada beberapa yang berbahaya, termasuk sontekan dari Bordin Phala di menit 21.

Kendati begitu, Shin Tae-yong tetap yakin bahwa ada kemungkinan pasukannya menang di leg kedua nanti. Namun, ia juga menggarisbawahi kelemahan timnya berkaca dari laga leg pertama.

“Saya menerima kekalahan tersebut dan saya juga tahu hampir mustahil melakukan comeback dan mengalahkan Thailand di leg kedua, terutama jika kami bermain seperti yang kami lakukan di babak kedua malam tadi (kemarin),” terangnya.

Shin Tae-yong berpeluang memainkan skuad terbaiknya di laga nanti. Misi meraih kemenangan telak di leg kedua membuat pelatih asal Korea Selatan itu harus memutar otak lebih keras menentukan 11 utama.

Di lini tengah, Shin bisa menurunkan Evan Dimas sejak menit pertama. Pada pertemuan pertama, Evan Dimas yang diturunkan di babak kedua mampu membuat perbedaan. Aliran bola tim Garuda sejak dikomandoi olehnya terlihat lebih rapi.

Visi lini tengah para pemain gelandang Timnas Indonesia akan diadu dengan Supachok Sarachat. Pemain bernomor punggung 7 tersebut punya andil cukup besar di laga tersebut. Ia beberapa kali rela turun ke separuh lapangan untuk menjemput bola.

Selain itu, Pratama Arhan juga sudah bisa dimainkan setelah menjalani skorsing akumulasi kartu sehingga absen di leg 1. Posisi bek sayap kiri milik PSIS Semarang ini digantikan oleh Edo Febriansyah dan hanya bertahan satu babak saja.

Dari kubu lawan, Thailand tidak akan mengendurkan serangan di leg 2 nanti meskipun unggul 4 gol dari Indonesia sehingga bakal tetap menurunkan skuad terbaiknya. “Kami tak mau memberikan kesempatan itu untuk Indonesia,” tandas Alexander Polking, dikutip dari Antara.

“Saya belum berpikir pertandingan final ini sudah selesai. Kita sudah pernah melihat ada tim terbaik dengan pemain terbaik di dalamnya yang kalah ketika sudah menang 4-0,” tambah pelatih kelahiran Brasil berdarah Jerman ini.

“Agar situasi tidak diinginkan tak terjadi, kami harus mempersiapkan diri dengan baik, memulihkan diri dengan benar. Kami juga mau memeriksa kondisi pemain yang cedera. Intinya, kami akan berlaga di leg kedua dengan konsentrasi penuh,” tegasnya.

Kekalahan semalam membuat Indonesia semakin tertinggal dalam catatan head to head dengan Thailand. Dari total 79 kali berduel sejak 1957, Thailand menang 40 kali, imbang 14 kali, dan baru kalah 25 kali dari Indonesia.(red)

prediksi Pemaian Thailand vs Indonesia

Thailand (4-3-1-2): Siwarak Tedsungnoen; Narubadin Weerawatnodom, Manuel Bihr, Kritsada Kaman, Theerathon Bunmathan; Phitiwat Sukjitthammakul, Sarach Yooyen, Thitipan Puangchan; Chanathip Songkrasin; Supachok Sarachat, Teerasil Dangda. Pelatih: Alexandre Polking

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga; Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman; Ezra Walian. Pelatih: Shin Tae Yong

Hasil 5 Pertemuan Terakhir

29-12-2021: Indonesia vs Thailand 0-4
03-06-2021: Thailand vs Indonesia 2-2
10-09-2019: Indonesia vs Thailand 0-3
17-11-2018: Thailand vs Indonesia 4-2
17-12-2016: Thailand vs Indonesia 2-0

Hasil 5 Laga Terakhir Thailand

29-12-2021: Indonesia vs Thailand 0-4
26-12-2021: Thailand vs Vietnam 0-0
23-12-2021: Vietnam vs Thailand 0-2
18-12-2021: Thailand vs Singapura 2-0
14-12-2021: Filipina vs Thailand 1-2

Hasil 5 Laga Terakhir Indonesia

29-12-2021: Indonesia vs Thailand 0-4
25-12-2021: Indonesia vs Singapura 4-2
22-12-2021: Singapura vs Indonesia 1-1
19-12-2021: Malaysia vs Indonesia 1-4
15-12-2021: Indonesia vs Vietnam 0-0

prediksi skor Thailand vs Indonesia :2-1

editor: @juniarsyaputri
sumber: tirto

The following two tabs change content below.