Pesta Adat Pelas Tanah dan Pesona Budaya Kutai Timur 2016 Kian Seru!

  • Whatsapp
Foto: Pesta Adat Pelas Tanah dan Pesona Budaya Kutai Timur 2016. (ist)

Pesta adat ini mengangkat kesenian tradisional dalam festival kesenian daerah dan pagelaran musik rakyat

KUTAI TIMUR – Pesta Adat Pelas Tanah dan Pesona Budaya Kutai Timur (Kutim) 2016, bakal seru dengan belasan kegiatan pagelaran budaya khas Kutai Timur.

Muat Lebih

Dimulai, Selasa, 15 November, kegiatan yang dirangkai dengan Pengukuhan Kepala Adat Besar Kutai Kabupaten Kutim itu, akan berlangsung selama 6 hari.

Pagelaran akan dibuka dengan Ritual Beluluh oleh Majelis Al Hasani Sangatta, di Rumah Jabatan Bupati Kutim. Berbagai ritual akan mewarnai pesta adat, selain Beluluh, ada Ritual Adat Bekenjong, Ritual Adat Naik Tiang Ayu, sampai Ritual Adat Pelas Tanah.

Pesta adat juga tidak ketinggalan menghadirkan olahraga tradisional yang dilombakan. Mulai dari perahu naga, begasing, sumpit, sampai behempas, bakal memeriahkan pesta adat.

Selain itu, pesta adat ini mengangkat kesenian tradisional dalam festival kesenian daerah dan pagelaran musik rakyat. Dimana, berbagai grup tari khas kutai, akan menampilkan kemolekan dalam lomba tari jepen.

Tak ketinggalan, pesta adat juga memberikan ruang bagi seni kontemporer menjadi pemanis festival seni dan budaya hingga akhir acara.

Kegiatan yang akan berakhir, Minggu, 20 November 2016 itu, ditutup dengan pengumuman sekaligus penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba. Termasuk pemenang lomba desain logo pesona Kutim yang akan digunakan sebagai ikon promosi wisata dan budaya Kutai Timur.

Termasuk hiburan rakyat, yang akan menampilkan sejumlah artis ibukota. Jadi, jangan lupa saksikan, mulai 15 November sampai 20 November 2016. Hanya di Sangatta, Kutai Timur. (biro kaltim/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *