Perkuat Diplomasi Budaya Indonesia, KBRI Sofia Gelar Resepsi Diplomatik

  • Whatsapp

SOFIA – Sebagai penghujung acara Wonders of Indonesia 2019 dan peringatan HUT RI, KBRI Sofia menggelar acara resepsi diplomatik pada tanggal 24 September 2019.

Berbeda dengan resepsi diplomatik peringatan hari nasional yang diadakan negara-negara lainnya di Bulgaria, Indonesia menampilkan berbagai penampilan budaya sebagai highlight acara.

Dihadiri oleh Wakil Presiden Bulgaria, Duta Besar negara-negara sahabat, para pelaku bisnis, dan friends of Indonesia, acara diawali dengan prosesi penari Jawa ke atas panggung yang kemudian menarikan tari Srimpi.

Acara pemotongan tumpeng yang diberikan Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid kepada Wakil Presiden Bulgaria, Iliana Iotova menandai secara simbolis dimulainya acara.

Pengunjung juga dibuat terpesona oleh koleksi peragaan busana batik houte couture rancangan Chossy Latu yang dibawakan oleh model-model Bulgaria.

Di samping itu, KBRI Sofia juga menugaskan Chef Wisma Duta Indonesia untuk berkolaborasi dengan Chef Hotel Sofia Balkan untuk mempersiapkan masakan Indonesia seperti rendang, sate, mie goreng, yang menjadi menu sajian di resepsi.

Para tamu yang hadir juga diberikan goodie bag produk-produk Indonesia yang sudah masuk ke pasar Bulgaria seperti kopi, sabun, dan mie instan.

Berbagai tamu yang hadir mengungkapkan kekagumannya. Menurut mereka hanya Indonesia yang bisa membuat penampilan resepsi diplomatik semeriah ini.

Dalam pidato sambutannya, Dubes RI mengawali dengan moment of silence atas meninggalmya President RI ke-3, B.J. Habibie.

Dubes RI menyampaikan, bahwa hubungan bilateral kedua negara yang telah berjalan selama 63 tahun menjadi semakin kuat.

Hal ini antara lain ditandai dengan kunjungan Menlu RI ke Bulgaria pada 15-16 September 2019 lalu, peninggatan hubungan perdagangan yang meningkat 3 kali lipat tahun lalu, serta berbagai kerjasama di berbagai bidang lainnya.

Kerjasama kebudayaan juga semakin intemsif sejak ditandatanganinya MoU kedua negara tahun 2016, termasuk juga dengan peresmian koleksi permanen Indonesia di Galeri Nasional Bulgaria tanggal 16 September 2019.

Diharapkan dengan berbagai inisiatif yang dilakukan KBRI Sofia, juga dapat terus meningkkan hubungan baik kedua negara dan memberi manfaat untuk masyarakat Indonesia di masa mendatang. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *