Peringati Hari Batik, Pameran Batik Tulis Digelar di Tirana Albania

  • Whatsapp
Dubes Saat Peringati hari batik, pameran batik tulis digelar di Tirana Albania. (ist)

TIRANA – Dalam rangka memperingati hari batik, pada tanggal 2 Oktober 2019 KBRI Sofia menggelar pameran batik untuk yang pertama kalinya di Tirana, Albania. Albania merupakan negara kecil di kawasan Balkan yang terletak dekat dengan Italia dan sekitar lebih dari 50 persen penduduknya muslim.

Pameran digelar di Museum Sejarah Nasional, di Tirana, Albania dengan beragam koleksi batik tulis lawas dari Jawa dan Sumatera. Batik – batik tersebut rata-rata berusia hampir puluhan ttahun koleksi Dubes RI Sofia, Sri Astari Rasjid.

Ratusan pengunjung hadir dalam acara pameran yang merupakan sekaligus tempat digelarnya Resepsi Diplomatik Peringatan HUT RI ke -74 serta perayaan hubungan diplomatik yang ke – 25 antara Republik Indonesia dan Republik Albania.

Batik yang dipamerkan dalam pameran batik tulis digelar di Tirana Albania. (ist)

Dalam sambutannya Dubes RI Sofia menyampaikan diharapkan dengan pameran batik ini, masyarakat Albania akan dapat semakin mengenal Indonesia. Mengingat jarak yang jauh antara kedua negara dan masih sangat sedikitnya ekspose mengenai indonesia di negara tersebut.

Konsul Kehormatan RI di Tirana, Irma Kaplani menyampaikan kerjasama kedua negara telah berjalan baik selama ini di tingkat bilateral dan multilateral, dan diharapkan akan terus meningkat dengan kerjasama di bidang kebudayaan.

Dalam acara pameran ini, pengunjung juga disuguhkan pertunjukan tarian Topeng Kelana Surakarta, pameran foto, serta promosi produk Indonesia.

Para pengunjung mengaku senang menghadiri pameran tersebut. Mereka mengagumi keindahan kain batik lawas yang dipamerkan dan filosofi dibaliknya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *