Perhiasan Sriwijaya dan Majapahit Dipamerkan di Sofia, Bulgaria

oleh -935 views

SOFIA – Berbagai koleksi tekstil nusantara, kerajinan dan perhiasan kuno Indonesia dipamerkan di Museum Sejarah Regional Kota Sofia, Bulgaria.

Koleksi batik bercerita, batik tulis lawas, kain Tapis Lampung berbagai perhiasan era Sriwijaya dan Majapahit.

Koleksi mulai abad 9 hingga abad 19 perhiasan dari Sumatera, Bali, Jawa, dan Sumba, serta berbagai kerajinan nusantara. Mulai dari Tenong Palembang, Wayang Kletik, kursi sunat Jawa, hingga alat musik Papua ikut dipamerkan dalam pameran tersebut.

Pameran ini dikemas dalam judul Synthesis: Perhiasan, Tekstil dan Kerajinan Indonesia-Bulgaria berlangsung selama kurang lebih dua bulan (9 Juli- 1 September 2019) dan mendapat sambutan hangat dari para pengunjung.

Batik yang dipamerkan di Sofia, Bulgaria. (ist)

Dalam rangka rangkaian peringatan HUT RI ke-74, KBRI Sofia juga mengundang kalangan diplomatik, pemerintahan, akademisi, dan friends of Indonesia untuk mengunjungi pameran tersebut pada tanggal 22 Agustus 2019.

Berbagai tamu yang hadir sangat mengapresiasi inisiatif KBRI Sofia dalam memamerkan kekayaan peninggalan sejarah Indonesia sebagai bagian dari peringatan hari nasionalnya.

Dalam buku komentar pameran, rata-rata pengunjung menyatakan terkagum dengan koleksi yang dipamerkan karena bisa melihat langsung peradaban dan kejayaan Indonesia di masa yang lalu.

Para pengunjung juga sangat tertarik dengan koleksi batik bercerita yang di pamerkan. Pengunjung dapat mengikuti cerita folklore dan proses pembuatan batik. Juga tentang cerita tentang Wali Songo. Tentang berbagai acara 17 Agustusan serta batik yang dipengaruhi cerita dunia seperti Red Riding Hood, Flash Gordon, hingga mitologi China.

Pameran ini terselenggara atas dukungan sepenuhnya kantor Walikota Kota Sofia. Karena lokasi museum yang strategis di pusat Kota Sofia, ribuan pengunjung sudah menghadiri pameran tersebut sejak awal Juli 2019.

Pameran budaya Indonesia di Sofia, Bulgaria. (ist)

Sebagian besar barang pameran adalah koleksi Dubes RI, Sri Astari Rasjid serta koleksi batik Wakil Ketua Media Group, Ibu Rerie Moerdijat Namina.

Dalam pameran ini juga dipamerkan sebagian tekstile dan perhiasan Bulgaria yang dikoleksi Dubes RI Sofia saat penugasannya di Bulgaria.

Pameran ‘Synthesis Perhiasan, Tekstil dan Kerajinan Indonesia-Bulgaria’ ini dilaksanakan secara paralel dengan pameran ‘Synthesis seni kontemporer Indonesia – Bulgaria’ di Galeri Nasional di Sofia selama dua bulan.

Dubes RI Sofia mengharapkan, rangkaian pameran ini juga berkontribusi dalam mempopulerkan budaya dan tradisi Indonesia yang kaya dan adi luhung kepada masyarakat setempat dan internasional. (**/gr)