Penyair Idris Pasaribu Terima Penghargaan Kosambi

oleh -270 views

BINJAI – Kosambi kembali memberikan penghargaan kepada 3 Penyair.  Yakni  Fauziah Adla Hasibuan, Asnidar, dan Idris Pasaribu.  Pemberian anugerah itu dilaksanakan dalam acara,  Baca Puisi Bulanan,  Sabtu (1/1/2020) di Jalan Palembang, Binjai, Sumatera Utara.

Ketua Komunitas Sastra Masyarakat Binjai (Kosambi)  Suyadi San mengatakan, Kosambi setiap bulannya telah memberikan penghargaan kepada sastrawan yang dianggap telah berdedikasi dalam dunia sastra.

“Sudah beberapa kali Kosambi memberikan anugerah sastra kepada sastrawan Sumut.  Hari ini juga dilaksanakan. Sekaligus pembacaan puisi bulanan yang dilakukan penyair Sumut, ” ujarnya.

Pembacaan puisi dalam tajuk Gaung Sastra Kosambi kali ini kata Suyadi bertema ‘Sungai’. Ada 20-an puisi dibaca oleh deklamator dan penyair dengan tema,  ‘Sungai Awal Bermula’.

Menarik melihat acara pembacaan yang diantaranya adalah,  penyair Teja Purnama,  Teaterawan Agus Susilo,  Ayub Badrin,  visualisasi puisi Sanggar Generasi,  siswa SMA 1 Binjai, Fauziah dan Ronald Tarakindo.

Idris Pasaribu pun berterimakasih kepada Kosambi yang telah menetapkan dirinya mendapatkan penghargaan.

Menurutnya,  Kosambi sebagai komunitas pecinta sastra,  kedepannya harus terus berbuat untuk menggerakan sastra dan ‘menghidupkan’ sastra di Kota Binjai.

“Terimakasih yang tak terhingga kepada Kosambi yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menerima penghargaan ini.  Semoga penghargaan ini dapat bermanfaat bagi saya agar saya semakin kreatif, ” kata Idris Pasaribu.

Tsi Taura mengatakan,  pembacaan puisi bulanan Kosambi merupakan apresiasi terhadap situasi kepenyairan di Binjai.  Dimana situasi kepenyairan saat ini terasa lesu di Binjai.  Oleh karenanya pembacaan puisi bulanan merupakan upaya untuk membangkitkan kembali gairah masyarakat bersastra terutama menulis dan membaca puisi.

“Membaca puisi yang dibuat Kosambi ini merupakan semangat untuk menggairahkan kembali,  iklim sastra di Sumut dan juga menjalin silaturahmi,” tandasnya. (aba)