Pengukuhan Kepala Adat Besar Kutai Akan Digelar 15 November 2016

  • Whatsapp
Foto: Salah satu upacara adat di Kutai. (ist)

Malamnya, akan dilakukan pembukaan Pesta Adat Pelas Tanah 2016 di Taman Bersemi Sangatta

SANGATTA – Pengukuhan Kepala Adat Besar Kutai, Kabupaten Kutai Timur di Gedung Serba Guna Bukit Pelanggi, Sangatta, Kalimantan Timur, akan digelar pada Selasa, (15/11/2016) mendatang.

Muat Lebih

Upacara pengukuhan ini menjadi pembuka rangkaian Semarak Pesta Adat, Pelas Tanah dan Pesona Budaya Kutai Timur 2016 yang akan berlangsung di Sangatta pada 15-20 November nanti. Membuka acara pengukuhan ini, akan dilakukan Ritual Beluluh di Rumah Jabatan Bupati Kutai Timur. Kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan Kepala Adat Besar Kutai Timur di Gedung Serbaguna Bukit Pelangi dengan diakhiri acara Tepung Tawar.

Malamnya, akan dilakukan pembukaan Pesta Adat Pelas Tanah 2016 di Taman Bersemi Sangatta. Selama pesta budaya ini akan digelar berbagai kegiatan dan lomba. Pertunjukan musik dan tari daerah Kutai Timur yang akan dipersembahkan oleh para pelajar SMP dan SMA. Bukan hanya budaya lokal saja, tari-tarian dari daerah lain juga akan ditampilkan. Lomba tarian Jepen dan tari nusantara akan digelar. Bersanding dengan pertunjukan musik kontemporer dan aneka hiburan rakyat.

Pertandingan olahraga yang digelar pada Pesta Adat kali ini adalah olahraga tradisional Lomba Perahu, Gassing, Sumpit, Behempas Bantal dan Enggrang. Lomba Perahu akan digelar di Danau Folder. Dalam kelas perorangan, beregu putra dan putri. Di lokasi yang sama juga akan digelar lomba Gasing. Sementara lomba Sumpit, Behempas Bantal dan Engrang dilakukan di Lapangan Taman Bersemi.

Berbagai upacara adat juga dilakukan dalam Pesta Adat ini. Ritual Mendirikan Ayu, Bekenjong dan tentu saja Pelas Tanah. Pada ritual Pelas Tanah kali ini, penyembelihan Sapi akan dilakukan dan membuang kurban ke Sungai Lembak, Sapaso – Bengalon.

Dalam kesempatan ini juga akan diluncurkan lomba desain logo pesona Kutai Timur dan Festival Kuliner Daerah. (Lukman Hqeem/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *