Pemuda Desa Tepal, Gelar program ‘Eksplore Tepal’

oleh -100 views
Eksplore Tepal poster

SUMBAWA – Desa Tepal, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Batulanteh, yang sampai saat ini masih belum memiliki infrastruktur jalan yang memadai.

Jalan desa terbilang belum memadai berakibat masyarakat sulit membangun ekomomi karena sulitnya untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan. Meski beitu, keadaan ini dianggap sebagai peluang untuk memperkenalkan tepal kepada masyarakat luas melalu program yang dinamakan ‘Eksplore Tepal’.

Gagasan ini mencul dalam diskusi dan disemangati untuk bermanfaat kampung halaman, maka pemuda Tepal yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Tepal akan melakukan kegiatan ekspor Tepal.

Ketua Karang Taruna Tepal, Andi Murdani mengatakan, kegiatan ‘Eksplore Tepal digelar untuk memperkenalkan Desa Tepal kepada masyarakat luas.

“Lewat kegiatan ini kami ingin memperkenalkan Desa Tepal memiliki nilai religi. Di desa inilah tokoh ulama nusantara di bernama Syekh Zainuddin Al Tepaly di lahirkan,” ucapnya.

“Desa Tepal juga dikenal sebagai desa representasi masyarakat Sumbawa pada umumnya, berkaitan dengan adat istiadat dan budaya Sumbawa. Serta memiliki keindahan alam yang sangat memanjakan mata. Kalau ingin mengenal sumbawa datanglah ke Tepal,” kata Andi Murdani.

Program Eksplore Tepal ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 3 – 4 April 2021. Adapun kegitannya, yaknitrabas, penghijauan, bazar tradisional, pentas budaya dan bakti sosial.

Kegiatan Trabas sebagai kegiatan unggulan dalam program kali ini cocok dengan kondisi jalan sehingga hal ini menjadi daya tarik dan tantangan tersendiri bagi para pecinta trabas. (red)