Pariwisata Film Akan Dikembangkan Kota Palembang

  • Whatsapp
Foto: Jembatan Ampera. (ist)

JAKARTA – Pariwisata film akan dikembangkan kota Palembang bersama investor di kota tersebut. Demikian dikatakan Walikota Palembang Harnojoyo menerima paparan dari konseptor sekaligus investor Palembang City of Dream, Alvin dan Ivan, di Rumah Dinas Walikota Palembang, Kamis (8/8/2019).

Alvin mengatakan, Palembang memiliki tematik yang kuat yang masih tersembunyi dan perlu diangkat melalui sebuah film. Menurutnya, potensi yang dimiliki Palembang sangat banyak.

“Karena Palembang merupakan kota sungai, maka konsep yang akan dibangun adalah Asian River Film Park. Misalnya, di Pulau Kemaro dibangun sungai buatan, dan dibangun teknologi virtual sebagai pendukungnya,” ujarnya.

Ia mengatakan banyak sekali wisata mancanegara yang melihat legenda sebagai tematik. Palembang sebagai East of Venesia menurutnya dapat dibangun konsep East of Atlantis River.

“Harapannya bisa menarik 1 juta pengunjung yang memiliki multiplier efek terhadap produk wisata lainnya. Singapura dengan Universal Studio-nya bisa menarik 5 juta wisatawan,” katanya.

Ke depannya Palembang akan menjadi daerah newbie film. Film ini akan menampilkan talenta lokal dengan multi bahasa dan disiarkan di mancanegara.

Dia mengatakan bentuknya berupa pembuatan saluran (channel) khusus Sriwijaya yang akan disiarkan ke mancanegara.

Sementara Ivan yang juga merupakan perwakilan para investor mengaku, Palembang memiliki potensi yang sangat kuat. Hanya membutuhkan sentuhan yang bersifat internasional.

“Ini dapat direalisasikan, hanya membutuhkan dukungan pemerintah dan masyarakat. Saya mewakili komunitas investment for development, mengharapkan dukungan kuat pemerintah untuk mewujudkan lingkungan wisata yang kondusif di Palembang,” ujarnya.

Walikota Palembang Harnojoyo menyambut baik rencana membangun pariwisata Palembang berbasis film. Menurutnya, membangun Pariwisata harus dilakukan dengan promosi yang baik.

“Promosi yang bagus itu termasuk melalui film ini. Apalagi Palembang memiliki potensi sejarah Kerajaan Sriwijaya yang dapat diekspose,” ujarnya. (**/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *