Mirza Rizal, Pelukis Naturalis Bengkulu Terobsesi Pameran Tunggal

  • Whatsapp
Pelukis Bengkulu beraliran naturalis Mirza Rizal tengah menuntaskan salah satu karyanya (dyo)

SENI LUKIS memang memberikan nuansa tersendiri bagi para penikmat dan pelukisnya sendiri. Bagaimana tidak seorang pelkukis harus mampu mentransformasikan keindahan dalam kanvas lukisnya.

Pelukis Mirza Rizal
Pelukis Mirza Rizal (dyo)

(dyo)

Muat Lebih

Seperti itu pula yang dilakukan oleh pelukis Naturalis Bengkulu, Mirza Rizal yang akrab disapa Ical. Pria kelahiran Lubuk Linggau, 10 Desember 1961 dan sekarang menetap di kelurahan Sidomulyo, Jalan Timur Indah Raya Kota Bengkulu.

Ketertarikan pada seni lukis sejak masih anak anak dan mulai diseriusi saat menginjak bangsu SLTA, bahkan memasuki dunia kampus, kegemaran tersebut terus diasah, bahkan berguru dengan berbagai seniman lukis yang ada. “Saya ada obesesi yang belum terlaksana, yakni menggelar pameran tuggal lukisan Bengkulu,” ujar dia kepada jurnalis yang menyambanginya saat sedang mengerjakan lukisan 8 ekor kuda yang berlari di pantai Jakat Bengkulu.

Lukisan delapan ekor kuda yang sedang dikerjakan tersebut sudah mamasuki minggu ketiga penggerjaan, dan sekitar tiga atau empat hari kedepan lukisan tersebut selesai. “Dalam menggerjakan Lukisan, pikiran saya harus benar-benar tenang dan makanya saya melukis selalu ditemani dengan musik-musik dengan nada yang memberkan nuansa santai, untuk menambah ketenangan,” kata dia.

Apalagi pelukis naturalis, ketenangan, batin dan kedamaian pikiran mutlak diperlukan. “Karena yang ditranspormasikan dalam kanvas dan kuas lukis adalah keindahan yang mendekati kesempurnaan,” kata dia.

Pelukis Bengkulu beraliran naturalis Mirza Rizal tengah menuntaskan salah satu karyanya (dyo)
Pelukis Bengkulu beraliran naturalis Mirza Rizal tengah menuntaskan salah satu karyanya (dyo)

Hingga sekarang lukisan yang telah selesai digarap sebanyak 15 unit lukisan dengan bebagai jenis diantaranya, lukisan harimau, bunga-bungaan, merpati dan kerbau bajak sawah dan banyak lagi lukisan yang lainnya.

Pria yang memiliki dua orang anak laki-laki dan satu istri tersebut selain melukis juga memiliki kesibukan lain yakni sebagai staf DPD RI H. Ahmad Kanedi, SH, MH. “Untuk sekarang waktu untuk mengerjakan lukisan terbatas, harus dibagi dengan kesibukan sebagai staf DPD RI,” ujar dia.

TOKOH YANG PERNAH DILUKIS

Mengenai tokoh yang pernah dilukis, diantaranya adalah pertama, Mantan Wakil Walikota Bengkulu, H. Ahmad Kanedi, SH, MH, Lalu mantan Gubernur Bengkulu, Agusrin M Najamuddin, dan Istri yakni Diah Nurwiyati Agusrin.

Lalu yang ada beberapa lukisan Bung Karno hasil karyanya dikoleksi oleh Pejabat. “Harapan saya semakin banyak anak-anak muda Bengkulu yang kreatif untuk berkarya dalam bidang seni,” kata dia.

Ada kebanggan tersendiri ketika karya yang berhasil dibuat dan menjadi koleksi orang-orang penting. “Saya bangga dengan karya saya yang dikoleksi oleh pejabat-pejabat Provinsi, karena pejabat tersebut memiliki nilai seni tinggi,” kata dia.

BERHARAP PEMERINTAH MEMPERHATIKAN PELUKIS

Disisi lain sebagai pelukis, Mirza Rizal, SH berharap kepada pemerintah untuk terus memperhatikan kalangan seniman. “Kami tidak mengemis anggaran, namun kami ingin pemerintah memperhatikan para pelukis, dengan cara sering-sering membuat event yang akan memacu kreatifitas seniman untuk berkarya,” ujar dia.

OBESI PAMERAN TUNGGAL

Disisi lain, Mirza Rizal tetap memiliki obesesi untuk melakukan pameran tunggal dan direncanakan di balai Adat Bengkulu. “Saya punya obesesi yang belum terlaksanakan yakni menggelar pameran tunggal di balai Adat,” kata dia.

Hanya saja untuk menggelar pameran tunggal tersebut bukanlah perkara mudah, selain harus mempersiapkan lukisanya juga harus siap lahir dan batin. “Minimal ada 60 lukisan yang akan dipamerkan dalam pameran tunggal tersebut,” tutup dia. (Yuliardi Hardjo Putro)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *