Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Studio Kosambi Bersama Meditasi Coronavirus, Semarak Baca Puisi Virtual Gebyar Kemerdekaan

oleh -133 views

MEDAN – HUT Republik Indonesia ke-75 kali ini sepertinya berbeda dengan tahun sebelumnya. Nyaris tak terdengar pekik anak-anak jatuh saat lari goni. Kampung-kampung yang biasanya riuh dengan suara pemuda lomba panjat pinang, kini terasa sepi.

Keadaan bangsa yang tengah dilanda wabah Covid 19, membuat ekonomi terganggu. Sehingga masyarakat harus melakukan berbagai penghematan ekonomi.

Namun begitu, seniman sepertinya tak mau tinggal diam. Berbagai acara dilakukan juga meski dari rumah atau sanggar-sanggar saja dan disiarkan secara virtual di berbagai chanel dari mulai, youtube, facebook dan instagram.

Salah satu sanggar yang ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia ini adalah Studio Kosambi Binjai, Sumatera Utara. Studio yang baru berdiri ini, akan mengadakan Pesta Baca Puisi Gebyar Kemerdekaan. Acara ini menurut Tsi Taura merespon acara Meditasi Corona Virus, dalam acara bertajuk, 7,5 Jam Merayakan Kenerdekaan, Aceh-Papua.

“Kita merespon dan mendukung penuh acara yang digagas oleh MCV dimana di situ juga ada teman-teman seperti Agus Susilo, Devi Matahari, Ayub Badrin, Willy Fwi, Zulfikar Kirbi, Juhendri Chaniago, Ikha Djingga dan lainnya. Berbeda-beda provinsi tapi bisa menyatu. Ini sangat membanggakan dan mengharukan. Oleh karenanya Studio Kosambi juga ikut merespon dengan acara Gebyar Kemerdekaan, ” ujar Tsi Taura.

Acara Baca Puisi Kemerdekaan ini akan digelar di Studio Kosambi secara offline dan tayang secara langsung (online) di facebook Meditasi Coronavirus dan Studio Kosambi.

Agus Susilo sebagai penggagas MCV sekaligus pengelola Studio Kosambi bersama Ibra Harahap, mengatakan ada 10 penyair yang akan membaca puisi kemerdekaan yakni, Tsi Taura, Porman Wilson Manalu, Khairuddin Ibrahim Harahap, Syaripuddin Lubis, Agus Susilo, Sriulina Ginting, Tengku Elly Idzham dan Dewi Rara, Tanita Liasna, Ayub Badrin dan Pimen D Aryjona

Masih dikatakan Agus, acara 7,5 Jam Merayakan Kemerdekaan ini akan dimulai dari Jakarta pada pukul 14.00 Wib dan Puncak Acara di Studio Kosambi Binjai pukul 21.30 Wib.

“Kita berharap acara yang diikuti seniman dari Sabang sampai Mauroke ini dapat menjadi penyemangat bangsa ini untuk maju menjadi bangsa yang besar. Dan ini akan menjadi tontonan yang menarik di hari kemerdekaan kita yang masih dalam kondisi keprihatinan akibat dilanda wabah Corona ini, ” sambung Tsi Taura menutup respinnya atas pelaksanaan 7,5 Jam Merayakan Kemerdekaan ini. (aba)