Menparekraf: Kini Bisa Vaksinasi Asyik di Tempat Piknik

oleh -266 views

JAKARTA – Masyarakat dingatkan agar tidak lengah dalam mematuhi protokol kesehatan meski sudah divaksin.

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat menjadi narasumber dalam acara “Virtual Narasumber Program Vaksin Untuk Indonesia spesial Hari Kemerdekaan” yang diselenggarakan oleh Metro TV, Sabtu (7/8/2021).

Sandiaga menjelaskan, bahwa virus Covid-19 varian delta lebih cepat menyerang, sehingga masyarakat diharapkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan secara disiplin meski sudah divaksin.

“Alhamdulillah, kita semakin mendekati ujung dari PPKM level 4 ini, mari kita terus disiplin terapkan protokol kesehatan walaupun sudah divaksin, tetap hati-hati dan jangan sampai lengah. Sebab, varian ini menyebarnya lebih cepat. Jadi kita harus lebih ketat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” kata Sandiaga.

Vaksinasi merupakan salah satu upaya mencapai herd immunity sehingga diharapkan nantinya roda perekonomian bisa kembali pulih dan dapat tercipta lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

Sandiaga menyampaikan upaya pemerintah dalam mempercepat vaksinasi adalah membuat program VANIC (vaksinasi asyik di tempat piknik) hingga menggelar sentra vaksin di tempat wisata. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat tertarik untuk divaksin.

“Jadi vaksin tempatnya di lokasi wisata, dapat keindahan alamnya, dapat sedikit rehat sembari divaksin. Nah ini ternyata menjadi hits, banyak sekali yang mengapresiasi. Sehingga akhirnya menjamur, mulai dari Gunung Kidul, Kulon Progo, di Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, kemarin di Danau Toba di Kaldera kita menggelar vaksin dengan konsep gercep, geber, gaspol. Jadi ini inovasi, adaptasi pada pelaku wisata, dan kami memfasilitasi,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan upaya akselerasi pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf fokus pada pariwisata era baru, yakni pariwisata yang ‘localize, customize, personalize and smaller in size’. Berbasis kesehatan, kuliner, olahraga, ‘edutourism, ecotourism,’ยน serta desa wisata. (rahmat)