Mengapa Rasulullah Menganjurkan Olahraga Memanah, Berkuda dan Berenang, Ini Penjelasannya

oleh -39 views

Rasulullah dalam riwayat Bukhari dan Muslim menganjurkan orangtua untuk mengajarkan anaknya berenang, menunggang kuda, dan memanah.

Berikut adalah penjelasan tentang olahraga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dan makna yang terkandung didalamnya:

Memanah.
Memanah termasuk olahraga tertua dan sudah ada sejak zaman batu (sebelum Masehi). Rasulullah sendiri merupakan pemanah dan memiliki tiga busur.

Makna dari olahraga memanah ialah, Rosulullah mengajarkan kepada kita untuk selalu fokus pada sasaran / tujuan. Serta tidak boleh lengah, sampai tujuan tersebut dapat tercapai dengan baik.

Berkuda.
Rasulullah menyerukan pada generasi muda, pada masa itu mahir berkuda, kemahiran berkuda merupakan kemampuan dasar lelaki. Selain untuk berburu dan ketangkasan, berkuda adalah faktor penting dalam peperangan.

Adapun makna dari olahraga berkuda ialah seseorang harus mampu mengendalikan kuda dengan baik.

Ibarat kuda ialah nafsu, Beliau mengajarkan supaya kita bisa mengendalikan nafsu dan menguasainya sehingga bermanfaat untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Berenang.
Rasulullah juga menganjurkan agar umatnya bisa berenang. Selain memerlukan kekuatan fisik, olah raga ini juga membutuhkan intelektualitas tinggi bagi pelakunya.

Adapun makna olahraga renang ialah agar kita bisa menyelami air dengan baik. Ibarat ilmu adalah air maka kita harus mampu berenang pada lautan ilmu.

Maksudnya seseorang harus selalu menuntut ilmu sebagai dasar dalam mengarungi kehidupan sehari-hari dan bermanfaat untuk sesama.

Demikianlah penjelasan tentang makna olahraga yang dianjurkan Rosulullah SAW. Semoga dengan memahami makna tersebut, kita semua bisa berhasil dalam mencapai tujuan dan selalu bermanfaat untuk orang lain, Amin.(Atz).

The following two tabs change content below.