Marwan Dasopang; Kokohkan Persatuan, Perbedaan Bagian Demokrasi

oleh -37 views

Gejolak yang timbul ditengah-tengah kehidupan berbangsa dan bernegara harus disikapi sebagai bagian dari perjalanan demokrasi. Masyarakat harus dewasa dan dinamis untuk tetap meyakini bahwa hal demikian adalah konsekwensi dari demokrasi.

“Untuk tetap menjaga ruh demokrasi sesuai koridornya tentu penekanan akan pentingnya rasa cinta tanah air dan kebangsaan mutlak diperlukan” ujar Marwan Dasopang, selaku anggota F-PKB MPR RI baru-baru ini (26/3/22) ketika melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Pondok Pesantren Al Mukhtariyah, Sungai Dua, Padang Lawas Utara.

Sebagai pra syarat dalam mencintai Tanah Air menurut Marwan adalah dengan mencintai teritorial/wilayah, budaya, dan menghargai perbedaan yang ada ditengah-tengah kehidupan. Sebenarnya kita sudah terbiasa dalam perbedaan pendapat, dalam ruang-ruang diskusi seperti dalam musyawarah desa, musyawarah tentang penetuan Syawal dan Ramadhan bahkan dalam dunia pesantren ada yang disebut Bahtsul Masail. selama ini kita tidak mempersoalkan hal-hal yang sifatnya perbedaan, “jangan karena persoalan pilihan politik hubungan kekeluargaan kita ditingkat desa sampai bernegara menjadi semakin renggang” tambah politisi PKB Sumut ini.

BACA JUGA BOS:   Kampung Gadis, Kelola Lingkungan Sehat, Produktif dan Rendah Emisi

“Pola kita dalam bermasyarakat dan bernegara sebenarnya sudah sangat baik, adanya kearifan lokal, norma agama dan Pancasila sebagai Falsafah Bernegara telah memberikan contoh yang paling nyata untuk berperilaku, kita harus menjadi bagian dari jati diri bangsa dan dengan tidak mudah terperdaya oleh pikiran-pikiran asing apalagi yang cenderung memprovokasi sesama anak bangsa” lanjutnya.

BACA JUGA BOS:   Puan: PDIP Siap Punya Capres Sendiri

Acara sarasehan atau diskusi sehari ini dihadiri oleh para santri, dewan guru dan masyarakat sekitar, tidak kurang dari seratus lima puluhan audiens yang diundang memadati aula pelaksanaan acara sosialisasi yang digelar. Sebelum acara dimulai pertunjukan pidato santri membuka kegiatan acara ini, tiga orang santri menyampaikan materi pidato terkait Zakat sebagai Potensi Pembangunan Bangsa. (RK)

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

gapuranews

BACA JUGA BOS:   Kapolres Sergai Dampingi Bupati Dalam Kunjungan Wamentan RI ke Sergai
Gambar Gravatar

Latest posts by gapuranews (see all)