Manfaat Masuk Pesantren, Ini Penjelasannya

oleh -75 views
Santri belajar agama

Oleh: Ayoeb Taufani Zaman*

PONDOK Pesantren pada era milenial ini, merupakan salah satu solusi dalam pendidikan anak, terutama dalam bidang agama. Karena dengan masuk pondok pesantren, maka anak akan fokus pada pelajaran agama, tentunya dengan tidak meninggalkan pelajaran umum.

Yang mana dengan pendidikan agama dan umum tersebut, maka anak akan bisa selamat dunia akhiratnya. Begitu pentingnya mendidik anak, hal ini karena anaklah yang nantinya akan menyelamatkan orangtuanya. Seperti maqolah Syekh Achmad, “anak adalah kapal orangtuaā€¯.
Maksudnya adalah keselamatan orang tua tergantung keselamatan anaknya.

Berikut merupakan beberapa manfaat dari anak yang masuk pondok pesantren :

  1. Bapak Ibunya tenang dalam mencari nafkah. Dengan menempatkan anak pada pesantren, maka orangtua bisa fokus dalam mencari rejeki yang halal.
  2. Anak menjadi biasa sholat berjamaah 5 waktu.
    Dengan mondok anak akan disiplin dalam melaksanakan sholat wajib, maupun sholat sunnah.
  3. Anak rutin membaca dan menghafal Alquran secara teratur. Pesantren, mengajarkan anak untuk membaca Alquran setiap hari. Terlebih bila masuk pada pesantren tachfidh, maka bisa menjadikan anak hafal AlQuran.
  4. Anak rajin puasa sunnah.
    Untuk menunjang hafalan, biasanya santri akan melakukan tirakat, seperti puasa sunnah senin kamis.
  5. Anak bebas dari pengaruh pergaulan bebas. Adanya sistem karantina pada pesantren, fungsinya melindungi santri dari pergaulan yang tidak baik.
  6. Anak biasa hidup mandiri.
    Pesantren selalu mengajarkan kemandirian dan kesederhanaan pada santri, contohnya memasak, mencuci dll. Yang itu semua santri lakukan dengan rutin setiap hari.
  7. Anak belajar adab adab islami.
    Dengan berada pada pesantren, anak akan mengetahui akhlaq yang merupakan pelajaran wajib pada pondok. Selain itu juga ada pelajaran Kitab dan pembiasaan doa sehari hari. Yang nantinya semua ini akan sangat bermanfaat ketika mereka terjun ke masyarakat.
  8. Adanya pembekalan ketrampilan.
    Pesantren biasanya akan mengajarkan beberapa ketrampilan seperti, cocok tanam, ternak dan kewirausahaan. Hal ini untuk bekal mereka dalam usaha mencapai kemandirian.
  9. Anak menjadi dewasa.
    Dengan mondok, mereka tidak bisa manja dan biasa hidup bermasyarakat, serta tidak bergantung pada orangtuanya.
BACA JUGA BOS:   Di Tengah Pandemi Covid-19, FIKSI 2020 Lahirkan Calon Wirausahawan Muda Indonesia

Oleh karena itu, sejak anak usia dini kita berkewajiban mendidik anak. Supaya tahu hak dan kewajibannya sebagai seorang hamba yang selalu sujud kepada Allah. Untuk itu, dengan menempatkan anak pada pesantren, merupakan salah satu solusi dalam menghantarkannya menjadi anak yang sholih. Amin. (***)

BACA JUGA BOS:   Di Tengah Pandemi Covid-19, FIKSI 2020 Lahirkan Calon Wirausahawan Muda Indonesia

*Kepala Madrasah Aliyah Khomsani Nur, Lumajang