Luar Biasa…!!! Smansix dan RRI Mataram Sukses Adakan Dialog Budaya

oleh -11 views

MATARAM – SMA Negeri 6 Mataram sukses melaksanakan Dialog Budaya live di channel YouTube Pro-4 RRI MATARAN. Dialog Budaya tersebut mengangkat tema “Membangun Karakter Melalui Gemar Membaca”, Senin (15/11/2021).

Acara tersebut dibuka dengan penampilan siswa-siswi SMA Negeri 6 Mataram yaitu senam Gemar Gatra, Atraksi Ekstrakurikuler Pencak Silat, Penampilan Teater Odop dan Tari Kolosal yang juga disiarkan di RRI Pro 2 Mataram.

SMA Negeri 6 Mataram adalah salah satu sekolah aktif Literasi Nasional yang telah mencetak siswa dan guru gamar menulis buku.

Dialog Budaya ini menghadirkan 4 orang narasumber yang berkompeten dalam bidangnya yaitu Bunda Literasi NTB Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi NTB Julmansyah, S. Hut, M. AP. Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Ach. Fairuz Abadi, S.H dan Kepala SMA Negeri 6 Mataram Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd.

Kepala SMA Negeri 6 Mataram Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd dalam pemaparannya menjelaskan kami bersyukur SMA Negeri 6 Mataram ditetapkan sebagai sekolah aktif Literasi Nasional, Alhamdulillah ini semua berkat kerja keras semua bapak/ibu guru, Siswa-siswi dan seluruh keluarga besar SMA Negeri 6 Mataram.

“Kami terus mendorong bapak/ibu guru untuk mengawal siswa-siswinya baik secara akademik, pembelajaran di kelas maupun kegiatan ekstrakurikuler. Anak-anak tidak hanya membaca tetapi juga melakukan kegiatan ekspresi budaya lainnya” Terang beliau.

Lebih lanjut Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd mengapresiasi hasil kerja keras siswa-siswi dan guru selama ini, sehingga kita banyak menerbitkan buku karya siswa dan guru.

Sementara itu Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dalam pemaparannya menjelaskan salah satu faktor penting dalam meningkatkan minat baca pada anak adalah lingkungan keluarga. Jika orang tua memiliki kebiasaan membaca di rumah, tentu akan memberi dampak baik terhadap kegemaran minat baca pada anak.

“Kita ingin mendorong kebiasaan membaca pada anak melalui gerakan literasi berbasis keluarga,” Terang Bunda Literasi Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah.

Menurut, Bunda Niken, kegiatan membaca harus kita biasakan dari lingkungan keluarga dikarenakan keluarga adalah pendidikan pertama bagi pembentukan karakter anak-anak.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov NTB, Julmansyah, S.Hut., M.AP menjelaskan, perpustakaan daerah juga telah menyediakan layanan perpustakaan digital yang diberi nama “NTBelib” sebagai terobosan baru untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dan anak-anak untuk meningkatkan kegemarannya dalam membaca.

“NTBelib juga menyediakan fitur yang menampilkan karya tulisan bagi siswa-siswi di seluruh SMA, SMK dan SLB se-NTB” Terangnya(Yp).

The following two tabs change content below.