Lomba batik Mewarnai Perayaan HUT RI di Bulgaria

  • Whatsapp

SOFIA – Berbagai cara dilakukan dalam rangka mengisi peringatan acara HUT Kemerdekaan RI, salah satunya di Bulgaria adalah lomba lukisan batik yang diikuti anak – anak Bulgaria.

Pemenang lomba-lomba tersebut diumumkan pada saat upacara peringatan detik-detik proklamasi tanggal 17 Agustus 2019 di KBRI Sofia dan diberi pengharagaan langsung oleh Dubes RI Sofia.

Di Bulgaria terdapat dua buah klub batik yaitu di Klub Batik Targovishte dan Klub Batik Burgas. Kedua klub batik tersebut mengajarkan Teknik membatik ke anak-anak Bulgaria dengan memodifikasi Teknik membatik Indonesia.

KBRI Sofia menjalin kerjasama dan memberdayakan kedua klub batik tersebut untuk semakin mempopulerkan budaya Indonesia.

Klub Batik di Kota Targovishte didirikan oleh Slavka Georgieva pada tahun 1993. Klub Batik yang bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan kota ini mendapatkan dukungan dari Walikota setempat.

Dubes RI Sofia memberikan pengharagaan kepada wakil dari klub batik kota Targovishte dan Burgas, serta grup tatian binaan KBRI (ist)

Klub sangat aktif mengadakan berbagai kegiatan dalam mempromosikan batik kepada masyarakat Targovishte khususnya kaum mudanya. Saat ini terdapat 25 orang murid berusia 4 hingga 13 tahun belajar di Klub Batik ini.

Sementara Klub Batik di Kota Burgas berdiri sejak tahun 1982. Klub juga merupakan bagian dari House of Culture ‘Asen Zlatarov’ di kota Burgas.

Tercatat 16 murid (anak-anak) anggota Klub Batik dan sekitar 100 anak setiap tahunnya bergabung dengan Klub tersebut.

Kedua klub batik tersebut walaupun menggunakan tehnik batik dan wax namun mempunyai ciri khas masing-masing. Klub batik Burgas cenderung memilih warna yang lebih cerah sementara klub batik targovishte hasil karyanya lebih ke warna-warna tanah. ketiga Pemenang utama dari Klub Batik Targovishte adalah bergambar anak laki-laki, Barong Bali, dan penari perempuan.

Sementara tiga pemenang utama dari klub Batik Burgas adalah gambar Ayam, Kapal, dan Topeng Bulgaria.

Wakil dari kedua Klub Batik tersebut sangat senang sekali diundang ke KBRI Sofia untuk mengikuti prosesi upacara 17 Agustus, potong tumpeng, dan berbagai rangkaian acara lainnya.

Slavka Georgieva, yang merupakan pendiri klub batik Targovishte, sangat menikmati pengalaman pertama upacara tersebut, lebih lagi perayaan hari kemerdekaan negaranya juga tidak semeriah ini katanya. (**/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *