Lakukan 5 Hal untuk Mencegah Virus Corona COVID-19

oleh -167 views

JAKARTA– Masyarakat di seluruh dunia perlu mewaspadai pandemi virus corona COVID-19 yang telah menyebar ke ratusan negara di dunia, termasuk Indonesia.

Jika Anda membuka halaman utama Google atau beranda, Anda akan menemukan COVID-19 Alert dari Google berupa Lakukan 5 Hal Ini untuk Bantu Cegah Virus Corona. Menurut pengamatan pada Kamis (2/4/2020) pukul 11.20 WIB, alert dari Google tersebut bisa ditemukan di bawah halaman pencarian.

Hingga Kamis (4/2/2020) pukul 11.00 WIB, virus corona telah menjangkiti 937.170 orang di dunia. Amerika Serikat menjadi negara dengan penduduk paling banyak yang terinfeksi COVID-19, yaitu 216.515 orang. Italia berada di bawah AS dengan 110.574 dan Spanyol 104.118 kasus.

Cina, sebagai negara tempat pertama kali virus corona COVID-19 ditemukan telah berangsur membaik dan pada hari ini, Cina melaporkan 82.394 kasus coronavirus. Bahkan, untuk pertama kalinya beberapa hari lalu Cina melaporkan tidak ada kasus baru virus corona di negara tersebut.

Total kematian yang disebabkan virus ini mencapai 47.235 di seluruh dunia. Kematian tertinggi ada di Italia dengan 13.155 orang dengan Spanyol 9.387 kematian, dan Perancis dengan 4.032 kematian. Jumlah pasien yang sembuh mencapai 193.764, menurut data dari John Hopskins CSSE.

Virus corona COVID-19 menyebar dengan cepat dari orang ke orang melalui tetesan bersin atau batuk yang keluar dari orang dengan infeksi COVID-19. Karena cepatnya penyebaran virus ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk melakukan lima 5 ini demi mencegah penyebaran virus corona.

1. Secara teratur dan menyeluruh bersihkan tangan Anda dengan sabun dan air atau cairan berbasis alkohol.

Mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan cairan berbasis alkohol membunuh virus yang mungkin ada di tangan Anda.

2. Pertahankan jarak fisik atau physical distancing setidaknya 1 meter (3 kaki) antara Anda dan siapa saja yang batuk atau bersin.

Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda bisa menghirup tetesan air, termasuk virus COVID-19 jika orang tersebut menderita batuk.

3. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.

Tangan menyentuh banyak permukaan dan virus dapat menempel. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda sakit.

4. Pastikan Anda, dan orang-orang di sekitar Anda, menjaga kebersihan pernapasan.

Ini berarti menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau anggota badan yang tertekuk saat Anda batuk atau bersin. Kemudian segera buang tisu bekas yang digunakan untuk menutupi bersih atau batuk. Tetesan yang keluar saat Anda bersin atau batuk menyebarkan virus. Dengan mengikuti saran ini, Anda melindungi orang-orang di sekitar Anda dari virus.

5. Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat.

Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan hubungi mereka terlebih dahulu. Ikuti arahan otoritas kesehatan setempat Anda. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda.

Menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Ini juga akan melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.(red)