Laksamana Budayawan Hadiri Pagelaran Wayang Kulit Satu Layar Empat Dalang

Jakarta – Dalam rangka ulang tahun ke-78 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus lalu, Mahkamah Agung Republik Indonesia menampilkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk “1 layar 4 dalang”  di halaman upacara Mahkamah Agung RI, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat, 25/8/2023.

Wayang kulit dengan lakon “Semar Mbangun Khayangan” dihadiri Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang sering disebut Laksamana Budayawan karena kecintaannya kepada seni budaya warisan leluhur, dengan menghadirkan 4 dalang dalam satu pagelaran yaitu Ki Dr Yanto, S.H.,M.H., Ki MPP Bayu Aji (Mayor Laut), Ki Sri Kuncoro, dan Ki Harso Wiji Santoso.

Lakon “Semar Mbangun Khayangan” dinilai menjadi daya tarik dan menginspirasi. Ketokohan Semar sebagai simbol wong cilik, rakyat jelata, mencoba membangun khayangan. Khayangan yang dimaksud Semar bukanlah istana megah melainkan untuk mengembalikan sikap pemimpin untuk berorientasi pada rakyatnya.

Pemimpin harus memiliki rasa asah, asih, asuh, ngopeni (memelihara) dan ngayemi (memakmurkan). Tujuannya tercipta negeri makmur, adil, sejahtera, dan sentosa, gemah ripah loh jinawi. Nilai yang terkandung dalam lakon ini bisa menjadi teladan terutama bagi generasi milenial. Demikian cerita yang terkandung didalam pagelaran wayang tersebut.

Selain Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M.H Syarifuddin S.H., M.H., dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., tontonan yang terbuka untuk umum ini juga dihadiri oleh MenPAN RB Azwar Anas, Kapolri, Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo, M.S.i, Ketua MK Prof. Dr. Anwar Usman, S.H., M.H., Ketua Ombudsman  Mokhammad Najih, S.H., M.Hum., Ph.D. pejabat Kementerian dan pejabat MA lainnya yang juga disaksikan secara live streaming di 906 satuan kerja MA yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *