Ketua TP PKK Dairi, Gelar ‘Senin Berbagi’ dengan Para ‘Abang Becak’ di Sidikalang

oleh -432 views
Ketua TP PKK Dairi, saat gelar 'Senin Berbagi'

SIDIKALANG – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Dairi menggelar kembali kegiatan bakti sosial yang bertajuk ‘Senin Berbagi’ yang dilakukan di wilayah Kabupaten Dairi dengan menjalin tali kasih bersama masyarakat dan warga Dairi yang kurang mampu.

Kali ini kegiatan bakti sosial yang dipimpin oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu menyasar para pekerja informal yakni para ‘abang tukang becak’ dengan membagikan paket makan siang gratis berupa ‘nasi kotak’ salah satu wujud solidaritas kepada sesama menghadapi masa sulit di tengah situasi Covid-19.

Beberapa titik lokasi pembagian yang dipilih yakni, di Jalan Pekan yang merupakan areal pusat pasar (puspas) Sidikalang, Jalan Pak-Pak di sekitaran SPBU dan Simpang Simto serta di Jalan Sisingamangara persis di bahu jalan seputaran Gedung Bank Sumut Sidikalang, Senin (27/04/2020).

Ketua TP PKK Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu menyampaikan, kegiatan bakti sosial ‘Senin Berbagi’ adalah kegiatan tali asih yang dicetuskan oleh TP PKK kepada masyarakat miskin dan kurang mampu untuk menopang berbagai permasalahan sosial, ekonomi yang dialami oleh warga Dairi yang saat ini secara kebetulan dilakukan di tengah situasi Covid-19.

“Ini bentuk gotong-royong yang harus terus dilakukan untuk bersama-sama melawan Covid-19 termasuk oleh PKK Kabupaten Dairi yang harus ikut mengambil peran, karena saat ini diperlukan rasa kemanusiaan bagi sesama tanpa terkecuali. Kali ini kita sasar para abang tukang becak salah satu pekerja informal yang sangat berdampak secara ekonomi akibat Covid-19,” ujar Romy Mariani.

Pantauan di lapangan, selain membagikan langsung paket makan siang gratis kepada para tukang becak, dalam kesempatan itu Ketua TP PKK, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu juga juga menyempatkan untuk memberikan edukasi bagi para ‘abang tukang becak’ untuk ikut bersama-sama melakukan protokol kesehatan baik itu pola hidup sehat dan pola hidup bersih, seperti rajin mencuci tangan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, serta agar selalu tetap menggunakan masker.

“Semoga bermanfaat ya pak, dan selalu gunakan masker dimana pun dan kapan pun,” ujar Romy.

“Olo inang, mauliate ma tu pemerintah Kabupaten Dairi,” jawab salah seorang tukang becak yang menerima.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim PKK Kabupaten Dairi, yang seharian penuh terlibat langsung untuk memasak paket makan siang gratis yang dibagikan. serta terimakasih kepada para pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Semoga kedepan, PKK Kabupaten Dairi bisa menambah paket nasinya dan semakin membawa berkah dan mudah-mudahan kegiatan bisa berkesinambungan baik dalam situasi dan keadaan apapun,” imbuhnya.

Setelah membagikan nasi kotak kepada abang becak, Ketua TP PKK Kabupaten Daiiri beserta rombongan kemudian melanjutkan kegiatan tali asih ke rumah singgah TWI Sitinjo, dimana ada 5 warga Dairi yang sedang menjalani isolasi yang baru saja datang dari beberapa tempat diantaranya Malaysia dan Jakarta. Di rumah singgah rombongan juga membagikan nasi kotak untuk makan siang warga yang sedang diisolasi dan untuk beberapa petugas medis dan petugas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi yang sedang piket.

Ketua TP PKK Kabupaten Dairi, Ny. Romy Mariani Eddy Berutu sempat berbincang dengan Delfi salah satu warga Parongil yang baru datang dari Johor, Malaysia dengan menumpang kapal feri yang menjalani isolasi di rumah singgah TWI Sitinjo. Pada kesempatan tersebut Romy memberi semangat serta menjelaskan bahwa Pemerintah melakukan isolasi terhadap dirinya semata-semata sebagai tindakan preventif untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Delfi yang awalnya terlihat agak sedih, akhirnya merasa dikuatkan karena dirinya mendapatkan dukungan semangat dari warga Dairi dan Pemerintah Kabupaten Dairi bahkan ikut bersama-sama meneriakkan yel-yel yang biasa digunakan untuk melawan Covid-19.

“Dairi sehat, Dairi kuat, bersama kita bisa,” ujarnya bersama rombongan Tim PKK.

Melihat kegiatan yang dilakukan TP-PKK, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu sangat mengapresiasi dan menyambut baik apa yang telah dilakukan Ketua TP-PKK Kabupaten Dairi beserta tim.

“Semoga apa yang dilakukan hari ini bisa membantu meringankan beban para abang tukang becak dalam melakukan aktivitasnya di tengah situasi Covid-19, dan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan ditingkatkan.” pungkas Bupati Dairi. (martin)