Ketua Fraksi DPRD Kab. Dairi Apresiasi Kinerja Pemkab Dairi Lawan Covid-19

oleh -175 views

SIDIKALANG – Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mewakili Pemkab Dairi mengundang para unsur pimpinan dewan dan Ketua Fraksi DPRD Kabupaten Dairi.

Tujuannya, membahas langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Pihak Pemkab Dairi dalam penanganan Covid-19 di Kabuapten Dairi. Sekaligus langkah-langkah Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga di Ketuai oleh Bupati Dairi.

Eddy Berutu mengatakan, dirinya menginisiasi pertemuan yang digelar di hari libur jam kerja itu, Sabtu (11/4/2020).

“Situasi dan rentang waktu penanganan ini pun berlangsung sangat cepat terlebih kejadian pandemik Covid-19 seperti ini tidak pernah terjadi. Di awal penanganan Covid 19, Pemkab Dairi telah membentuk Gugas Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi,” katanya.

Setelah itu, lanjutnya, eskalasinya pun berubah begitu cepat karena penyebaran virus Covid-semakin meluas yang diikuti dengan perubahan penetapan status di daerah dari Siaga Darurat menjadi Tanggap Darurat bencana pandemi Covid-19 yang dilakuka perpanjangan waktu hingga 29 Mei 2020.

Perpanjangan sekaligus kenaikan status ini berdampak perombakan struktur Gugas Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dairi yang sebelumnya dipimpin oleh Sekda yang memiliki 4 kelompok kerja (pokja) harus dipimpin oleh Kepala Daerah dengan menempatkan Dandim sebagai Wakil Ketua I dan Kapolres sebagai Wakil Ketua II dan menambah pokja yang melibatkan hampir semua OPD dan perangkat daerah agar penanganan lebih maksimal dan semakin cepat.

Adapun para unsur pimpinan Dewan yang hadir dalam pertemuan itu, Sabam Sibarani selaku Ketua DPRD Dairi, Wakil Ketua Halvensius Tondang dan Wanseptember Situmorang.

Sementara pimpinan Fraksi yang hadir diantaranya Rasiden Damanik dari Fraksi Gerindra, Nasib Sihombing dari Nasdem, Mardaulat Girsang dari Fraksi Demokrat, Charles Tamba dari Fraksi Golkar, Togar Pasaribu dari Fraksi Hanura, Riduan Sagala dan Alfriansyah Ujung dari Fraksi Pertaki, Fitri Tarigan dari Fraksi PDI.

Unsur Pemkab yang dipimpin oleh Bupati Dairi, Eddy Berutu dihadiri oleh Sekda Leonardus Sihotang yang sekaligus sebagai Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (Martin/red)