Kesejukan dan Pesona Kebun Teh Sidamanik Simalungun

oleh -522 views
Wisatawan saat di perkebunan teh Sidamanik (ima)

SIDAMANIK – Kebun Teh Sidamanik berada di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh banyak orang. Di kecamatan ini, objek wisata alam menjadi primadona. Kondisi alam di sana terbilang masih asri dan asli.

Terlebih ruas jalan menuju kecamatan ini, dari Pematangsiantar cukup mulus dengan aspal hitam, ditingkahi pemandangan sawah di kiri kanan. Tak lebih satu jam berkendara, pengunjung bisa sampai di sana, terutama di ibukota kecamatan. Untuk bisa masuk ke lokasi kebun, pengendara dikenakan biaya masuk Rp 10.000 untuk roda empat dan Rp 5.000 untuk roda dua.

Perkebunan Teh Sidamanik, Simalungun, Sumatera Utara

Kebun teh Sidamanik ini memiliki luas mencapai 8.373 hektare. Kebun teh ini disebut sebagai perkebunan terbaik kedua di Indonesia. Bahkan, hasil panennya diekspor hingga ke wilayah Eropa Timur, Eropa Tengah, Singapura, dan Malaysia.

BACA JUGA BOS:   Kabut Tanah Tembakau (121)

Wisatawan yang berkunjung ke sini akan dimanjakan dengan pemandangan yang hijau di sejauh mata memandang. Suasana sejuk dan asri di kebun teh ini akan memberikan kesan yang menyegarkan, sehingga cocok dijadikan alternatif saat ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Wisatawan punya pilihan untuk bewisata foto di sana. Bagi yang ingin memiliki latar selain hamparan kebun teh, seperti tulisan Bah Butong, replika boneka teletubbies dan aneka bunga buatan serta mengenakan peralatan memetik teh seperti topi dan bakul, setiap orang dikenakan tarif Rp 5.000.

BACA JUGA BOS:   Kabut Tanah Tembakau (122)

Wisatawan juga bisa menikmati suasana di pinggiran jalan kebun dengan menggelar tikar sembari menikmati makan minum bersama teman, kerabat dan keluarga. Selain berfoto ria dengan pemandangan kebun teh, wisatawan juga bisa menikmati objek wisata lainnya di sekitar kebun teh ini, yakni Danau Rawang.

Danau Rawang ini letaknya cukup tersembunyi, karena berada di antara hamparan kebun teh. Meski tak begitu luas, danau ini jadi salah satu spot favorit wisatawan yang datang.

Awalnya, danau ini terbentuk akibat kerukan tanah yang terisi oleh air hujan. Namun kini danau ini jadi spot favorit bagi wisatawan untuk berfoto ria.

Saat mengunjungi destinasi wisata yang satu ini, pastikan kalian tidak pulang dengan tangan kosong ya. Pastikan kalian membawa oleh-oleh berupa daun teh asli yang sudah dikemas dalam bungkusan. Tentunya daun teh ini berbeda dengan teh-teh yang dijual di toko-toko, karena daun teh yang dijual disini adalah produk lokal dan dijamin pengelolaannya. (ima)

The following two tabs change content below.
BACA JUGA BOS:   Kabut Tanah Tembakau (121)