Kerukunan Umat Beragama di Perayaan Natal di Swedia

  • Whatsapp
Kerukunan Umat Beragama di Perayaan Natal di Swedia. (ist)

STOCKHOM –  bertempat di Wisma Duta Besar, Lidingo, Stockholm, telah diadakan perayaan Natal bersama masyarakat Indonesia di Swedia. Lebih dari 200 orang WNI beserta anggota keluarganya, hadir dalam kegiatan tersebut. 

Kegiatan tersebut semakin terasa spesial, karena juga dihadiri oleh Delegasi Pimpinan Badan Pengkajian MPR RI yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Swedia.

Pada sambutannya, Dubes RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro menyatakan bahwa perayaan Natal bersama ini menjadi ajang silaturahmi dan bersukacita bersama keluarga dan sesama masyarakat Indonesia di Swedia.

“Seperti yang tanpa henti selalu saya ingatkan, bahwa di Swedia ini, semua WNI menjadi sebuah keluarga besar, walau berbeda latar belakang, suku, dan agama, namun semua bersatu menjadi sebuah keluarga besar, keluarga Negara Kesatuan Republik Indonesia” ujar Dubes Bagas, Sabtu (14/12/2019).

Djarot Saiful Hidayat, sebagai pimpinan Delegasi dan Ketua Badan Pengkajian MPR menyatakan bahwa kegiatan ini menyatukan keberagaman masyarakat Indonesia. “Masyarakat Indonesia walaupun berbeda suku dan agama, namun bersaudara, dan memiliki cita-cita yang sama untuk memajukan Indonesia” ujar Djarot.

Pada kegiatan perayaan Natal tersebut, Dubes Bagas menyalakan lilin Natal bersama wakil dari berbagai agama yang dianut masyarakat Indonesia di Swedia. Dilaksanakan pula prosesi Santa Lusia oleh anak-anak, dengan iringan choir yang syahdu.

Perayaan semakin syahdu ketika dilakukan pembacaan liturgi ayat-ayat Alkitab mengenai kelahiran Yesus Kristus oleh anak-anak, perwakilan pelajar, dan masyarakat, yang diselingi dengan menyanyikan lagu-lagu Christmas Carol.

Masyarakat yang berkumpul juga melakukan doa bersama yang mendoakan bangsa dan negara Indonesia, persatuan dan kerukunan antar umat beragama dan masyarakat Indonesia di Swedia, rasa syukur atas perjalanan kehidupan di tahun 2019 dan menjelang tahun 2020, dan juga doa bagi saudara-saudara, khususnya masyarakat Indonesia yang tengah berada dalam penderitaan, kesusahan, dan malapetaka.

Mengakhiri perayaan, anak-anak yang hadir semakin berbahagia dengan kemunculan Santa Claus yang membagikan hadiah, dan bersama-sama menyanyikan We Wish You a Merry Christmas.

Seluruh WNI yang hadir berinteraksi dengan hangat satu sama lain dan saling memberi ucapan selamat. “Selamat Natal dan Tahun Baru” ujar pasangan Laurina dan Fajar, yang hadir beserta anak mereka, Fay.

Adapun kehadiran Delegasi Pimpinan Badan Pengkajian MPR RI ke Swedia adalah untuk menghimpun informasi mengenai perencanaan pembangunan berkelanjutan, pengembangan iptek, dan pelaksanaan konstitusi Swedia. Delegasi diantaranya adalah Djarot Saiful Hidayat sebagai pimpinan Delegasi, Agun Gunandjar Sudarsa, Benny Kabur Harman, Tifatul Sembiring, dan Fahira Idris. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *