Kenali Manfaat Vitamin C, D, E, dan Zinc untuk Pasien COVID-19

oleh -496 views

Selain obat-obatan, pasien COVID-19 juga disarankan mengonsumsi vitamin untuk membantu mereka agar cepat pulih dari infeksi Corona. Berbagai jenis vitamin juga termasuk dalam paket obat yang diberikan pemerintah lewat layanan telemedicine untuk membantu isolasi mandiri.


Berbeda dengan obat-obatan yang harus dengan resep dokter, vitamin untuk Covid bisa dibeli oleh masyarakat secara bebas. Dalam pedoman penanganan COVID-19, ada beberapa jenis vitamin yang bisa dikonsumsi pasien Corona yakni vitamin C, D, E, dan Zinc.

Medical Senior Manager PT Kalbe Farma dr Esther Kristiningrum membagikan manfaat dari kandungan vitamin dan Zinc untuk membantu pemulihan tubuh pasien COVID-19.

Manfaat vitamin C untuk pasien COVID
Vitamin C bermanfaat untuk aktivitas antioksidan dan antiinflamasi. Vitamin yang terkandung dalam buah-buahan berwarna cerah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas tubuh melawan infeksi.

Manfaat vitamin D untuk pasien COVID
Vitamin D memiliki fungsi untuk membantu efek antiinflamasi di dalam tubuh dan meningkatkan respons dari imun bawaan. Vitamin D juga secara ilmiah dapat meningkatkan barierepitel dan meregulasi respons dari imunitas.

Selain dari sinar matahari, vitamin D bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan tertentu seperti jamur, kuning telur, ikan salmon, dan hati sapi.

Manfaat vitamin E untuk pasien COVID
Vitamin E berfungsi untuk meningkatkan produksi antibodi. Vitamin E juga dikenal memberikan manfaat antioksidan sehingga bisa membantu tubuh mempertahankan integritas membran sel, meningkatkan aktivitas makrofag, sel NK, serta meningkatkan proliferasi sel limfosit T.

Manfaat Zinc untuk pasien COVID
Multivitamin dengan Zinc membantu tubuh melawan replikasi virus pada pengidap COVID-19.

Selain itu, zat besi atau Zinc menjaga fungsi barrier epitel dan mukosiliar saluran napas, kofaktor penting pada beberapa enzim yang terlibat pada sistem imun, meningkatkan aktivitas sel NK & makrofag, berperan pada proliferasi, diferensiasi, maturasi limfosit dan leukosit lainnya. (ima)

The following two tabs change content below.