Ini Varian Baru Covid-19, Yuk Kenali Gejalanya

oleh -826 views

Telah ramai diberitakan bahwa virus Covid-19 terus menerus berkembang sehingga ia memunculkan sejumlah varian baru.

Virus-virusnya antara lain adalah:

  1. Virus Alpha

Virus ini memiliki nama kode B.117 dan pertama kali ditemukan di London serta beberapa bagian Inggris.

  1. Varian Beta

Virus varian dari Covid-19 ini memiliki nama kode B.1.351 dan pertama kali muncul di Afrika Selatan pada awal Oktober 2020.

  1. Varian Delta

Virus ini memiliki nama kode B.1.617.2 dan pertama kali terdeteksi di India pada Oktober 2020

  1. Varian Delta Plus

Varian Delta Plus memiliki kode nama AY.1 merupakan mutasi dari Delta. Delta Plus ini berawal dari India dan sudah mulai menyebar ke sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Portugal, Swiss, Jepang, Polandia, Nepal, Rusia dan China.

Gejala dari varian baru secara umum gejala-gejala yang dirasakan dari virus Covid-19 varian baru ini menurut World Health Organization (WHO) antara lain: demam, batuk kering dan kelelahan.

Sementara gejala khusus dan bisa mempengaruhi pasien antara lain: kehilangan rasa atau bau, hidung tersumbat, konjungtivitas (mata merah), sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot atau sendi , berbagai jenis ruam kulit, mual atau muntah, diare, menggigil atau pusing.

Gejala virus corona paling parah adalah: sesak napas, kehilangan selera makan,kebingungan, nyeri atau tekanan yang terus-menerus di dada dan temperatur tinggi (di atas 38 derajat celcius).

Gejala lain virus corona yang kurang umum dan gejala baru adalah : sifat lekas marah, kebingungan, kesadaran berkurang (terkadang berhubungan dengan kejang), kegelisahan, depresi, gangguan tidur, komplikasi neurologis yang lebih parah dan jarang terjadi contohnya seperti stroke, radang otak, delirium dan kerusakan saraf. ( ima )

The following two tabs change content below.