Kemenpar Akan Gelar ‘Festival Danau Toba 2016’

  • Whatsapp
Foto Ilustrasi: Danau Toba diharapkan bisa menjadi 'Bali' baru dalam pariwisata. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Karnaval Kemerdekaan Danau Toba pada Agustus lalu terbilang sukses, baik kemeriahan maupun kegiatannya. Hal ini mendorong Kementerian Pariwisata RI kembali menggelar event bertajuk Festival Danau Toba 2016.

Festival Danau Toba ini merupakan event tahunan yang digelar oleh Pemprov Sumatera Utara bersama 7 Pemkab di kawasan Danau Toba. “Tema yang akan diusung adalah Festival Danau Toba 2016 Membangun Kebersamaan Budaya Untuk Indonesia Kerja Nyata,” ujar Raseno Arya, Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Rabu (7/9/2016).

Muat Lebih

Penyelenggaraan FDT 2016 adalah upaya mempromosikan potensi pariwisata Danau Toba. Pasalnya, target Kemenpar pada 2019 mendatang akan menggaet 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 270 juta wisatawan nusantara. Adapun target kunjungan wisatawan pada FDT 2016 adalah 100 orang wisman dan 15.000 orang wisnus.

Selain itu, event ini akan menyajikan berbagai lomba di antaranya adalah Lomba Paramotor, Lomba Lintas Toba, Lomba Perahu Tradisional, Lomba Renang Rakyat, Lomba Kapal Hias, Lomba Fotografi , Lomba Ucok Butet Tentang Geopark Kaldera Toba.

“FDT akan menjadi sarana promosi efektif dalam mengangkat kembali popularitas Danau Toba, mengingat kunjungan wisatawan ke Sumut tahun lalu mencapai 11,4 juta (229.228 wisman dan 11,21 juta wisnus) dan sekira 76.544 wisman dan 858.620 wisnus di antaranya mengunjungi obyek wisata Danau Toba,” tutupnya. (fb/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *