Kembangkan Pendidikan Karakter, Smansix Gelar Bazar Ekonomi Kreatif

oleh -16 views

MATARAM – Dalam rangka Program Pengembangan Pendidikan Karakter SMA Negeri 6 Mataram (Smansix) menggelar Bazar Ekonomi Kreatif dengan tema “Menuju Peserta Didik yang Kompetitif Berwirausaha Mandiri”, Rabu (24/11/2021). Acara tersebut dirangkai dengan acara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke 76 yang dipusatkan di halaman sekolah.

Kepala SMA Negeri 6 Mataram Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd mengatakan, Bazar Ekonomi Kreatif adalah program sekolah dalam upaya Pengembangan Pendidikan Karakter bagi peserta didik sehingga diharapkan melalui bazar ini siswa-siswi dapat mengembangkan bakat minatnya dalam berwirausaha.

“Melalui program ini nantinya siswa-siswi memiliki tekat, minat dibidang kewirausahaan, sehingga mereka mampu menjadi pelaku ekonomi kreatif dan menjadi peserta didik yang mandiri, kreatif” Terangnya.

Lebih lanjut Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd menjelaskan Ada 32 stand bazar yang disiapkan di depan kelas.

“Kurang lebih 1.059 siswa-siswi yang berpartisipasi, kami membagi 2 shift (absen ganjil dan genap), mereka didampingi wali kelasnya masing. Kreatifitas penyajian, dekorasi, jenis makanan dan cara pemasarannya kepada konsumen akan dinilai oleh tim manajemen sekolah dan panitia sehingga nanti akan diambil 9 Juara yang terdiri dari Kelas X: Juara 1, 2, 3, Kelas XI: Juara 1, 2, 3 dan Kelas XII Juara 1, 2, 3” Paparnya.

Dari kunjungan saya ke setiap stand, saya melihat stand/lapak begitu meriahnya nampak kreativitas daya jual terhadap barang dagangan, kelihatan sekali siswa-siswi kita saling berkompetisi antara stand 1 dengan stand yang lain untuk menampilkan yang terbaik dan saling berlomba-lomba untuk memenangkan perlombaan ini.

“Public Speaking mereka juga berjalan dalam mempromosikan barang sehingga stand-stand mereka ramai oleh pengunjung ada juga produk-produk barang dagangan mereka dikerjakan secara langsung di stand/lapaknya masing-masing. Jadi saya kira ini pembelajaran yang luar biasa yang dimiliki oleh siswa-siswi kita dalam mengasah minat bakat sehingga nantinya mereka bisa menentukan tujuan kedepannya akan berwirausaha apa, saya juga mengucapkan terimakasih kepada panitia, bapak/ibu guru, OSIS dan seluruh warga sekolah yang telah mendukung kegiatan ini sehingga acara tersebut berjalan sukses, lancar dan berhasil untuk menumbuhkan dan mengembangkan karakter peserta didik kita semua(Yp).

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

Latest posts by Yopi Aris Widiyanto (see all)