KBRI Paris Ajak Masyarakat Prancis Untuk Lebih Mengenal Indonesia

oleh -353 views
Menara Eiffel di Paris. (ist)

PARIS – Masa pandemi tidak mengurangi semangat untuk terus dan selalu cinta tanah air. KBRI Paris menyelenggarakan peringatan HUT RI ke-76 dan sekaligus menjadi media temu warga Indonesia secara daring, Selasa (17/8/2021).

Selain itu juga, untuk mempromosikan budaya dan bahasa Indonesia di masa pandemi, KBRI Paris mengajak masyarakat Prancis untuk lebih mengenal Indonesia melalui partisipasi mereka dalam lomba video pidato dan reportase berbahasa Indonesia

Pada kesempatan tersebut, juga diumumkan para pemenang lomba video pidato dan reportase BIPA oleh Duta Besar RI di Paris, H.E. Arrmanatha C. Nasir. “Kami menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada para pemenang dan juga semua peserta kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA),” tutur Dubes Nasir.

Perlombaan video reportase dan pidato BIPA telah dilaksanakan bulan Mei dan Juni 2021 yang ditujukan khusus kepada para peserta BIPA semester 1 di KBRI Paris dengan peserta sebanyak 168 orang. Pada tahun ini, lomba video reportase berbahasa Indonesia pertama kali diselenggarakan di KBRI Paris. Peserta datang dari tiga kategori, yaitu pemula, menengah dan mahir. Dalam lomba video reportase berbahasa Indonesia ini, peserta dituntut untuk menjadi reporter dengan tema pilihan yaitu budaya, wisata, atau pendidikan di Indonesia.

Banyak di antara peserta membahas tentang wisata Indonesia, misalnya wisata Komodo, wisata Aceh, Nusa Penida, Raja Ampat, Bali, Jawa dan lain-lain. Hal itu menjadi sebuah pengobat rasa rindu, bagi mereka yang ingin berkunjung kembali ke Indonesia di masa pandemi Covid-19.

Untuk perlombaan pidato berbahasa Indonesia tahun ini bertema “gotong royong”. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai bangsa Indonesia kepada masyarakat Prancis. Tidak hanya kosakata baru yang mereka pelajari tetapi juga salah satu elemen budaya di Indonesia dalam kebersamaan dan kepedulian.

Tidak hanya untuk masyarakat Prancis, lomba video pidato dalam bahasa Prancis juga diadakan untuk pelajar Indonesia di Prancis dan Eropa dalam 4 tingkat berbeda yaitu pelajar SMA/sederajat, tingkat Diploma/Sarjana, Magister dan Doktor, dengan tema “lutter ensemble contre le Covid-19” yang berarti mengajak kita semua untuk memerangi pandemi covid-19 bersama.

Salah satu dari 15 orang pemenang lomba pidato BIPA, Karine Delforge, yang mengikuti perayaan HUT RI secara daring, menyampaikan pesan tulis kepada panitia, “Hari ini masyarakat Indonesia memperingati 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia dan kami bisa mengikuti upacara diselenggararakan di KBRI Paris dengan hati. Suasana senang dan resmi dan kami bisa merasa masyarakat Indonesia bangga dan senang terutama ketika bendera dikibarkan dan pidato-pidato disampaikan. Dirgahayu Republik Indonesia.”

Secara terpisah, Atdikbud KBRI Paris, Warsito, menyampaikan bahwa kegiatan lomba reportase dan pidato BIPA ini sekaligus sebagai momen mengakhiri kelas BIPA semester I di KBRI Paris. Kelas BIPA semester II akan dimulai pada pertengahan September nanti. Ia berharap dengan perlombaan ini dapat mempromosikan Indonesia, melalui nilai-nilai budaya dan bahasa yang akan semakin dikenal di Prancis. (red)

The following two tabs change content below.