Kadis Sosial Kab. Lombok Tengah Kunjungi ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Darul Atqia

oleh -107 views
Kedis Sosial Kab. Lombok Tengah saat Kunjungi ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Darul Atqia

LOMBOK TENGAH – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah Baiq Sri Hastuti Handayani, S.H melakukan kunjungan ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Darul Atqia yang beralamat di Dusun Embung Duduk, Desa Labulia, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (12/8/2021).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka melihat langsung fakta-fakta dilapangan LKSA di Kabupaten Lombok Tengah.

LKSA Darul Atqia merupakan LKSA yang dikelola oleh Yayasan Pondok Pesantren Darul Atqia yang juga merupakan binaan Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah Baiq Sri Hastuti Handayani, S.H mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan kepada kami rombongan dari Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah

“Kami mengadakan kegiatan terjun langsung ke lapangan adalah salah satu cara untuk melihat secara langsung fakta-fakta lapangan di setiap LKSA yang berada di Kabupaten Lombok Tengah khusunya bagi LKSA yang sedang mengajukan izin perpanjangan LKSA, nantinya LKSA tersebut layak dilakukan perpanjangan izin atau tidak tergantung dari fakta lapangan yang dilihat langsung oleh stakholder terkait” Terang Baiq Sri Hastuti Handayani, S.H.

Lebihlanjut Baiq Sri Hastuti Handayani, S.H menjelaskan bahwa keberadaan LKSA di Ponpes dan Lembaga Sosial ini sangat penting untuk bisa membantu pemerintah sebagai perpanjangan Kementrian Sosial untuk sampainya bantuan sosial dengan benar dan tepat sasaran, kedepannya Dinas Sosial akan banyak langsung terjun ke masyarakat untuk mendapatkan informasi langsung kebutuhan-kebutuhan di setiap lembaga sosial dibawah binaan Dinas Sosial Lombok Tengah khususnya” Jelasnya.

“Tidak lupa saya menghimbau kepada LKSA Darul Atqia untuk terus menjaga protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19 ini, selalu terapakan cuci tangan, jaga jarak, hindari kerumunan dan memakai masker agar terhindar dari kemungkinan terjangkit wabah Covid-19 ini” Harapnya.

Sementara itu TGH. Supardi Ramli, S.Pd.I., M.H. Pengasuh Pondok Pesantren NU Darul Atqia dalam sambutannya mengucakan terima kasih atas kedatangan Kepala Dinas Sosial Lombok Tengah ke LKSA Darul Atqia untuk melihat secara langsung kondisi LKSA kami sebelum Dinas Sosial Lombok Tengah memberikan izin perpanjangan LKS dan LKSA Darul Atqia.

“Santri-santriwati yang belajar dan mondok di YPPNU Darul Atqia mereka sebagian besar adalah Santri Yatim Piatu dan Dhuafa, kami pengasuh Pondok Pesantren medirikan LKSA dikarenakan santri-santri yatim piatu dan dhuafa membutuhkan perhatian dari pemerintah agar terlaksananya kegiatan belajar dengan baik” Terang TGH Supardi Ramli.

“LKSA Darul Atqia menggratiskan 100% seluruh pembiayaan kepada santri Yatim Piatu dan Dhuafa. Harapan setelah mendapatkan perpanjangan izin LKSA ini semoga keberadaan santri yatim piatu dan dhuafa lebih diperhatikan oleh pemerintah terhadap jaminan sosial dari pendidikan, kehidupan yang layak dan kesetaraan bersama santri-santri yang lain dalam hak pendidikan dan menuntut ilmu agama” Imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sahdan Jayadi Ketua LKSA Darul Atqia menjelaskan bahwa Yayasan Pondok Pesantren Darul Atqia telah mendapatkan tiga Izin lembaga dari Dinas Sosial yaitu Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA), Lembaga Kesejahteraan Lanjut Usia (LKSLU) sebagai bentuk perhatian lembaga terhadap masyarakat yang sudah tidak mampu mencari nafkah dikarenakan faktor umur yang sudah lanjut, Lembaga Kesejahteraan Penyandang Disabilitas (LKSPD) sebagai lembaga perantara untuk bisa menyentuh masyarakat disabilitas khususnya di Desa Labulia.

“Keberadaan ketiga lembaga ini sangat dirasakan manfaatnya oleh santri yatim piatu dan dhuafa khususnya dan masyarakat pada umumnya” Ujar Ketua LKSA Darul Atqia yang juga Mahasiswa Biologi Universitas Qomarul Huda Bagu tersebut. (Yp).

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

gapuranews

Gambar Gravatar

Latest posts by gapuranews (see all)