Inilah Cara Penyaluran Tambahan Kuota 32.139 KPM Perluasan Program Sembako di Lumajang

oleh -145 views
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Dra Dewi Susiyanti

LUMAJANG – Pemerintah telah menambah sekitar 32.139 KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) baru di Kabupaten Lumajang, karena dampak pelemahan ekonomi yang disebabkan Virus Corona atau Covid-19, untuk bulan April hingga bulan Desenber 2020.

“Pendistribusiannya KKS tersebut akan dilakukan secara bertahap dan di sejumlah titik dan terjadwal mulai 14 Mei sampai 15 Juni 2020,’ ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lumajang, Dra Dewi Susiyanti saat dihubungi di Kantornya hari Rabu (13/5/2020).

Dewi menyampaikan, sesuai surat yang dikeluarkan Pemkab Lumajang nomor : 460/910/427.42/2020, perihal Perluasan Program Sembako, sebagai tindak lanjut surat dari Kemensos nomor 392/6/BS.02/04/2020. Disebutkan bahwa dalam pendistribusian KKS bagi penerima program sembako perluasan tersebut, juga dilakukan pendistribusian KKS reguler yang datanya masih masuk dalam data penerima sembako bulan April 2020 sejumlah 5.741 orang.

“Selain distribusikan KKS perluasan program sembako, juga dilakukan pedistribusian KKS reguler, dan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tidak mengambil sesuai jadwal yang telah ditentukan, maka nanti akan dijadwalkan kembali pengambilan di BNI setelah pendistribusian di semua titi terselesaikan,” terang Dewi.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan dan dibawa oleh KPM saat pendistribusian nanti, diantarnya foto kopi dari kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk ( KTP) asli.

Apa bila ada identitas yang tidak sama, maka KPM harus membawa surat keterang dari Desa dimana dia tinggal dan surat kuasa bermeterai 6.000.

“Bagi KPM yang berhalangan dikarenakan sakit dengan keterang hubungan keluarga dengan yang bersangkutan juga dilampiri foto copy KTP yang membawa kuasa,” katanya.

Dalam pengambilan, diwajibkan untuk penerima manfaat maupun pengantarnya harus mengikuti protokol Kesehatan, memakai masker, cuci tangan ditempat yang telah disediakan, dan tetap jaga jarak social distensing. (jayeng).