Heritage Kota Medan Perlu Dilestarikan

  • Whatsapp
Foto: Heritage Kota Medan di malam hari (aba)

MEDAN – Kota Medan begitu kaya dengan bangunan tua yang memiliki heritage (warisan) peninggalan yang memiliki sejarah. Sebagaimana kota besar lainya, kota Medan juga punya perjalanan yang panjang, mulai dari pra kolonial dan kolonial Belanda sampai awal kemerdekaan.

Ketua Dewan Kesenian Medan (DKM), Rianto SH mengatakan, Pemerintah Kota Medan belum begitu peduli dengan heritage yang ada.

Muat Lebih

“Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Medan tidak pernah punya niat baik, bagaimana menata, merawat bangunan yang memiliki nilai heritage sebagai kawasan kota tua,” katanya di Medan, Sabtu (20/7/2019).

Padahal, lanjutnya, lahirnya Kota Medan memiliki perjalanan yang cukup panjang, dan banyak julukan nama kota ini.

“Dari mulai Paris Van Deli karena adanya aikon tower air PDAM Tirtanadi yang terabaikan, Meski sekarang disebut Kota Melayu Deli, ” ujarnya.

Anto yang juga aktif dibidang jurnalis ini mengatakan, bahwa Medan juga disebut Kota Raya, karena dahulu sepanjang jalan kota ini dipenuhi dengan bermacam pohon keras seperti Mahoni. Tetapi sekarang sudah banyak yang gundul, karena bertumbuhan ‘pohon batu’ dan ‘pohon besi’.

“Kota ini juga dijuluki kota Medan Putri karena indah dan nyamannya kota ini. Kota perdagangan Tembakau Deli yang terkenal di dunia lantaran memiliki kultur Budaya Melayunya,” ucapnya.

Tetapi pria dari Tanah Jawa Simalungun ini melihat, betapa kota ini seperti kota yang tak terurus.

“Sekarang coba anda lihat dan rasakan, kita semacam tidak perduli dengan masa kejayaan, keindahan dan kenyamanan kota ini dulu. Kota ini sekarang semakin semrawut dan gerah tanpa pohon hijau,” kritiknya. (aba/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *