Halal bi Halal KOSAMBI ‘Sastra dan Covid-19’

oleh -153 views
Para sastra Kosambi saat halal bi halal

BINJAI – Telah dilaksanakan acara Halal Bi Halal Kosambi sekaligus Peluncuran Buku Antologi Cerpen Pengembara dari Utara dan Antologi Puisi Neraka di Tepian Sajadah pada Sabtu, 20 Juni 2020 yang dilaksanakan di kediaman salah satu personil Kosambi, yaitu Saripuddin Lubis yang beralamat di jalan Pandega Gang Pendidikan No.52, Tanah Merah Binjai. Acara dimulai pada pukul 10.30 WIB dan berakhir pada pukul 15.05 WIB.

Acara diawali dengan sambutan dari pembawa acara, pembacaan alquran, dan doa. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Tuan Rumah, Saripuddin Lubis dan Ketua Kosambi, Suyadi San. Sesi peluncuran buku antologi dilaksanakan secara sederhana oleh Pengawas Kosambi, Tsi Taura.

Selanjutnya, pemateri satu persatu tampil. Dimulai dengan dr.Markos Kaban yang membawakan materi tentang Covid-19, disusul oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai, Sri Ulina Br.Ginting, S.Pd, tausiyah oleh Ustaz H.Amrilsyah Lubis, MA. Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Selain ketiga pemateri tersebut, ada pula Mastar Muham, M.Pd yang mengulas buku Antologi Cerpen Pengembara dari Utara serta S.Ratman Suras yang mengulas Antologi Puisi Neraka di Tepian Sajadah. Acara halal bi halal ditutup dengan acara foto bersama.

Mengenai Covis-19, dr. Markos Kaban menghimbau untuk seluruh masyarakat agar mematuhi aturan pemerintah dan tetap menjaga diri dan kebersihan. Kemudian, Kepala Dinas Pendidikan Binjai, Sri Ulina Br.Ginting menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan untuk menangani masalah-masalah terkait pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh seluruh sekolah pada semua jenjang pendidikan.

Ustaz H.Amrisyah Lubis, MA menyampaikan pula agar masyarakat senantiasa tetap menjaga diri dan berdoa kepada Tuhan perihal pandemi yang saat ini sedang dialami. Selanjutnya, Mastar Muham, M.Pd mengungkapkan bahwa Antologi Cerpen Pengembara dari Utara mengisahkan tentang perjalanan hidup yang dilalui oleh penulis dalam buku tersebut. Selayaknya buku tersebut dapat dimiliki oleh seluruh perpustakaan sekolah di Kota Binjai. Lalu, S.Ratman Suras mengemukakan tentang puisi-puisi Tsi Taura yang bernuansa sufistis seperti penyair-penyair terkemuka Indonesia; Emha Ainun Nadjib, Taufik Ismail, dan Ahmadun Yosi Herpanda.

Dalam acara ini hadir beberapa sastrawan dan seniman Sumatera Utara, yaitu S. Ratman Suras, Mastar Muham, Idris Pasaribu, Porman Wilson Manalu, Siamir Marulafau, Amran SD, Rudi Pama, Anugerah Robi Syahputra, dan peserta lainnya. (red)