Gemerlap Budaya Indonesia di Balttour 2020 Latvia

oleh -438 views

RIGA – Indonesia turut serta dalam The 27th International Travel Trade Fair “Balttour 2020”, di Riga, Latvia. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 31 Januari-2 Februari 2020.

Pada sambutan pembukaannya, Dubes RI untuk Swedia merangkap Latvia, Bagas Hapsoro menyampaikan bahwa keikutsertaan Indonesia setiap tahunnya pada kegiatan Balttour di Latvia ini merupakan bukti keseriusan Indonesia dalam mempromosikan pariwisata Indonesia dan peningkatan wisatawan Latvia.

“Indonesia dengan iklim tropis, seni dan budaya yang memukau, dan berlimpahnya makanan-makanan tradisional yang menggugah selera, akan menjadi destinasi terbaik bagi wisatawan Latvia” ujar Dubes Bagas.

Dubes Bagas juga menyampaikan bahwa terdapat kenaikan tingkat kunjungan wisatawan Latvia ke Indonesia, yaitu dari 3.343 orang pada tahun 2017 menjadi 4.214 orang pada tahun 2018. Sedangkan pada tahun 2019, hingga bulan Oktober, wisatawan Latvia ke Indonesia tercatat mencapai 4.974 orang.

KBRI Stocholm berkolaborasi dengan beberapa operator wisata Indonesia, yaitu Be Wish dan Marintur. “Banyak sekali warga Latvia yang berkunjung ke stand Indonesia, semoga wisatawan Latvia yang ke Indonesia semakin banyak” tutur Nyoman Sukarba dari Be Wish.

Seni dan budaya Indonesia juga ditampilkan di Balttour 2020. Feri Sri Danarto dengan lincah menarikan Tari “Gusti Sumonggo” dari Jawa Tengah dan Tari “Mandau” dari Kalimantan.

Ditampilkan pula pakaian dengan corak dan desain khas Indonesia dari desainer Ahanung Sandra, WNI yang kini menetap di Jerman. Ahanung mengambil tema batik dan tenun Indonesia dalam desain pakaiannya. Menarik melihat model-model remaja WN Latvia memamerkan keindahan batik dan tenun Indonesia.

Kegiatan The 27th International Travel Trade Fair “Balttour 2020” merupakan kegiatan tahunan di Riga, Latvia. Setiap tahun, KBRI Stockholm berkolaborasi dengan operator wisata dari Indonesia selalu ikut serta. 

Tahun ini, lebih dari 860 operator wisata dari seluruh dunia berkumpul di Balttour 2020. KBRI Stockholm bersama operator wisata Be Wish dan Marintur juga akan mengikuti Business Meeting pada hari kedua penyelenggaraan Balttour 2020. (red)