Festival Nasional Teater 2016 Dibuka Hari Ini di TIM

Foto: Poster Festival Nasional Teater 2016. (ist)

FESTIVAL Nasional Teater 2016 yang digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, hari ini (16/5/2016) dibuka. Festival remaja yang diikuti oleh 34 provinsi Se-Indonesia ini digelar oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bertemakan “Berkarya dan Bekerjasama”, Festival Nasional Teater 2016 ini menghadirkan 34 provinsi kelompok teater.

Bacaan Lainnya

Tujuan diselenggarakannya kembali acara ini adalah untuk mewujudkan pewarisan nilai, pengembangan pengetahuan dan teknik yang diperuntukkan untuk kategori remaja.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong generasi muda Indonesia khususnya Remaja agar dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas serta minatnya untuk lebih mengenal, memahami dan menghargai Seni Teater,” kata Endang Caturwati, Direktur Kesenian Kemendikbud dikutip dari seputarevent.com.

Adapun acara yang nantinya terselenggara tidak hanya menampilkan pagelaran teater, tetapi juga ada rangkaian Pengamatan dan Sarasehan. Festival Teater tahun ini turut mengundang sebagai Tim Pengamat yang memiliki kemampuan di bidangnya antara lain Ratna Riantiarno, Jose Rizal Manua, Aditya Gumay, Yudi Ahmad Tajudin, dan Seno Joko Suyono.

TUJUAN

Penanaman nilai-nilai budi pekerti pada remaja merupakan modal penting dalam menumbuh kembangkan rasa percaya diri dalam kehidupan sehari-hari. Semua diimbangi dengan pertumbuhan kemampuan generasi muda berasosiasi, berimajinasi, daya pikir, daya empati, daya apresiasi, dan sebagainya. Hal-hal tersebut membuat anak remaja sadar akan situasi sosial, nilai-nilai kebersamaan, dan nilai saling menghargai yang berlaku di lingkungan masyarakatnya.

Salah satu kendala utama yang dihadapi masyarakat pada masa kini, khususnya pada perkembangan generasi muda adalah derasnya arus globalisasi. Di antaranya banyak generasi muda yang menerima begitu saja berbagai jenis kesenian asing, tanpa memilih atau menyaring jenis kesenian tersebut yang selaras dengan jatidiri dan karakter bangsa. Berangkat dari pemikiran inilah, Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2016, akan menyelenggarakan kembali Festival Teater dengan kategori remaja berbasis tradisi yaitu Festival Nasional Teater Tahun 2016.

Dalam acara yang akan digelar pada 16 hingga 19 Mei 2016 mendatang ini, kelompok teater dari 34 Provinsi di Indonesia. Rencananya, acara tersebut akan digelar pukul 10.00 hingga 18.00 WIB, di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta.

Hari pertama 16 Mei 2016, kelompok teater dari Aceh, Gorontalo, Kalimantan Barat, NTB, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Maluku. Hari kedua, 17 Mei 2016, giliran Bengkulu, DI Yogyakarta, Kalimantan TImur, Papua, Sumatera Selatan, Riau, Sulawesi Tenggara, Banten dan Bangka Belitung.

Hari ketiga, 18 Mei 2016, giliran Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Bali, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, NTT, Lampung dan Maluku Utara. Sementara itu, dihari terakhir 19 Mei 2016, giliran Sumatera Utara, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sumatera BArat dan Papua Barat. (gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *