Ditengah Pendemi Covid-19, SMAN 6 Mataram Gelar Rapat Pleno Kelulusan

oleh -281 views

MATARAM – Masa belajar dirumah selama darurat Virus Corona, tidak menjadikan program sekolah ditiadakan.

Beberapa program tetap dilaksanakan dengan mematuhi rambu-rambu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah selama proses penanganan Virus Corona.

Sebagaimana sekolah lain, SMA Negeri 6 Mataram (Smansix) juga melaksanakan rapat pleno kelulusan kelas XII Tahun Pelajaran 2019/2020 Kamis, (30/4/2020).

Rapat yang dihadiri oleh seluruh guru mata pelajaran ini berjalan dengan tertib dan aman.

Rapat dilaksanakan di lapangan basket dengan tetap mengindahkan himbauan pemerintah dengan memberikan jarak tempat duduk, mencuci tangan, memakai hand sanitizer, mengenakan masker dan menghindari kontak fisik secara langsung.

Dalam pemaparannya Drs. Sahnan, M.Pd Kepala SMA Negeri 6 Mataram menyampaikan beberapa hal-hal penting mengenai keputusan yang terbaik untuk kelulusan kelas XII.

Sesi pertama mengenai informasi terkait kebijakan masa darurat Virus Corona, diantaranya siswa kelas XII yang dinyatakan lulus, untuk tidak melaksanakan kegiatan pelepasan seperti tahun sebelumnya.

“Kita akan upayakan untuk mencari format terbaik sebagai pengganti kegiatan pelepasan siswa-siswi. Minimal sekolah akan bersurat kepada orang tua dengan pelepasan secara simbolik yang hanya dihadiri oleh perwakilan wali murid dan perwakilan siswa. Hal ini juga dijadikan sebagai bahan laporan sekolah kepada Dikbud Propinsi” Terangnya.

Lebih lanjut Drs. Sahnan, M.Pd juga mengapresiasi proses pembelajaran daring yang sudah berjalan selama masa darurat Virus Corona. Sehingga sekolah memiliki kesiapan untuk melaporkan proses pembelajaran ke Dikbud Propinsi, walaupun awalnya ada sedikit kendala dalam proses pembelajaran daring tersebut. tetapi Alhamdulillah sekarang secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik dan lancar.

Kemudian dalam kesempatan tersebut diinformasikan juga mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan melalui jalur zonasi, afirmasi, perpindahan orang tua, dan prestasi.

Mengenai inti dari pelaksanaan rapat pleno tersebut memberikan gambaran kepada seluruh guru yang hadir, baik tentang aturan serta dasar kelulusan sampai pada penetapan kelulusan siswa menjadi kewenangan sekolah.

Sementara itu Hj. Maesarah, S.Pd Wakasek Kurikulum menjelaskan terkait standar minimal kelulusan siswa kelas XII.

“Penetapan kelulusan nantinya ditentukan dalam Rapat Pleno, beberapa walikelas menjelasankan mengenai gambaran siswa binaannya, kemudian dilanjutkan oleh guru BK dan guru mata pelajaran yang mengajar di kelas XII” Ujarnya.

Setelah mendengarkan pemaparan beberapa pihak baik walikelas, guru BK dan Guru mata pelajaran di kelas XII, maka kepala sekolah mengetuk palu dengan mengambil kesimpulan nantinya hasil dari Rapat Pleno mengenai kelulusan ini akan diumumkan hari Sabtu, 2 Mei 2020 Pukul 16.00 WITA di website sekolah. (suradin).