Dinas Kesehatan Dairi Salurkan Bantuan APD, Vitamin dan Disinfektan Ke 18 Puskesmas di 15 Kecamatan

oleh -198 views

SIDIKALANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Dairi distribusikan bantuan logistik berupa, Alat Pelindung Diri (APD), Vitamin dan cairan desinfektan kepada 18 Puskesmas di 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Dairi, Sabtu (11/4/2020). Pendistribusian ini dalam rangka percepatan penaganan Virus Corona (Covid-19).

Hal ini merupakan arahan langsung dari Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu agar Dinas Kesehatan Pemkab Dairi memberikan solusi tepat atas kebutuhan APD di setiap kantor layanan Kesehatan yang ada di Dairi baik itu di Rumah Sakit dan Puskesmas yang langsung ditindaklanjuti oleh OPD terkait yang membidangi.

Plt. Dinas Kesehatan Frisda Turnip mengatakan, pihaknya dalam kegiatan kali ini memfokuskan pembagian APD ke petugas kesehatan sebagai garda terdepan dalam penaganan Covid-19 di Kabupaten Dairi termasuk tenaga medis yang berada di seluruh Puskesmas se-Dairi.

“Oleh karena itu sangat diperlukan peralatan sebagai pendukung kinerja yang akan dipakai petugas kesehatan untuk pelayanan kepada masyarakat,” Frisda Turnip.

Ia merincikan jenis bantuan yang telah tersedia untuk kami distribusikan antara lain, masker, pelindung wajah, cover all, apron, sarung tangan, sepatu boots, serta vitamin dan cairan desinfektan.

“Bantuan yang akan didistribusikan, bersumber dari bantuan masyarakat, Belanja Tak Terduga (BTT) dari APBD Dairi Tahun 2020 dan bantuan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut. Dan bantuan ini sebelumnya dikumpul di Pokja logistik gugus penaganan Covid-19 Kabupaten Dairi,” kata Frisda Turnip.

Frisda mengimbau, kepada petugas Puskesmas agar memakai APD sesuai peruntukannya.

“Kami petugas medis yang berada di Puskesmas, pustu dan puskedes siap untuk melayani bila ada masyarakat mengalami gejala klinis yang mengarah ke Covid-19.,” ucapnya. (martin)