D. Rifai Harahap Tokoh Teater Medan Tutup Usia

  • Whatsapp
Foto: D. Rifai Harahap Saat Syuting film dokumenter tentang dirinya.

Sedikitnya lebih dari 1000 murid pernah belajar dengan D. Rifai Harahap tentang kesenian, terutama seni peran.

MEDAN – Dunia teater Sumatera Utara kehilangan salah satu putra terbaiknya, yakni Dariws Rifai Harahap (72). Almarhum mengembuskan nafas terakhir pada, Selasa, (29/11/2016) sekitar Pukul 11.00 WIB. Jenazahnya kini disemayamkan di rumah Duka, Jl. Pembinaan dusun 3, Desa Bandar Setia, Kec. Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Muat Lebih

Bang Wis, demikian sapaan akrab, seniman enerjik ini akan dikebumikan usai salat Ashar, Selasa, (29/11/2016) di Pemakaman Umum Bandar Setia, Kec, Percut Sei Tuan sekitar pukul 16.00 WIB.

“Sumatera Utara kehilangan tokoh teater yang gigih. Almarhum dikenal sebagai seorang guru teater dan kesenian yang telaten dan setia pada profesinya. Ya. Kami kehilangan sosok seperti Bang Wis,” kata salah satu tokoh Teater Imago Medan, Mahyuddin Lubis saat dihubungi, Selasa (29/11/2016).

D. Rifai Harahap, lanjut Mayuddin Lubis,sejak lima tahun belakang ini memang menderita penyakit Penyakit Prostat. Meski dalam keadaan sakit, Bang Wis, tetap berkesenian. Tak jarang juga ngumpul bersama seniman, baik sebagai juri tari, puisi bahkan sempat menyutradarai pementasan Teater.

Wartawan dan Teaterawan Medan, Ayub Badrin pun merasa kehilangan seorang sahabat dan guru yang bisa diajak berdiskusi. “Almarhum seorang yang sangat sederhana. Tapi, dia memiliki segudang pengetahuan tentang kesenian, terutama teater. Beliau juga tempat kami bertanya dan berkeluh kesah,” ucap Ayub.

Redaktur Harian Analisa Medan pun kehilangan sahabat yang selama ini bertengkaat dan berdiskusi tentang teater. “Turut berdukacitra, sahabatku. Kita selalu bertengkar, apalagi mempertahankan pendapat kami tentang diskusi teater. Sekali lagi selamat jalan sahabatku,” kata Idris Pasaribu.

Foto: D. Rifai Harahap. (rizal siregar)
Foto: D. Rifai Harahap. (rizal siregar)

SERIBU MURID

Sedikitnya lebih dari 1000 murid pernah belajar dengan D. Rifai Harahap tentang kesenian, terutama seni peran. Muridnya kini telah bertebar tidajk saja di Sumatera Utara, tapi juga sampai ke Pulau Jawa, bahkan ada yang di luar ngeri. Puluhan naskah panggung peranah disutradarinya, termasuk Drama TVRI dan beberapa film dokumenter. Selain sesekali menulis budaya di berbagai media penerbitan Medan dan Jakarta serta Malaysia.

BIOGRAFI SINGKAT

Darwis Rifai Harahap berkesenian sejak di bangku sekolah SMP Widiasana Medan. Akitif di Sangar Setanggi Timur Pimp. Pak Badu ( Ahmad Setia Nasution, Polisi ). 1963 gabung di Bengkel Kerja Actor’s Studio Medan Pimpinan Arief Husin Siregar (alm), 1964 gabung di Teater Nasional Medan. 1972 mendirikan grup teater Imago Medan bersama Hartono dan Aleks. Menikah 1989 setahun pisah dapat anak satu Herif De Rifhara. 1999 menikah dengan Erlina Rosa. 2004 dianugerahkan satu anak laki-laki diberi nama Akbar De Rifhara. (gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *