Cinta Sejati, Begini Wujudnya

oleh -454 views
Majnun kekasih Laila. (ist)

Cinta itu mempunyai wujud, alkisah Majnun kekasih Laila memuliakan anjing, ketika ditanya mengapa?. Ia menjawab karena anjing itu pernah melihat kampung kekasihku Laila dan segala sesuatu yang berhubungan dengan Laila maka akupun memuliakannya.

Dari gambaran tersebut maka jika seseorang mencintai Allah, maka wajib untuk memuliakan kekasihnya yaitu Nabi Muhammad SAW. Caranya ialah dengan banyak membaca sholawat kepadanya,
adapun bacaan sholawat nya ialah:

اللهم صل على محمد وال محمد وسلم على المؤمنين
Allaahumma Sholli ‘Alaa Muhammad Wa Aali Muhammad WaSallim ‘ Alal Mu’miniin .
Artinya: Yaa Allah, semoga rohmat ta’dhim Tuan tercurahkan keharibaan baginda Nabi Muhammad dan keluarga baginda Nabi Muhammad. Dan semoga ketentraman / keridhoan Tuan menyertai seluruh Mukmin.

اللهم صل على محمد وال محمد وسلم على الامه
Allaahumma Sholli ‘Alaa Muhammad Wa Aali Muhammad WaSallim ‘ Alal Ummati.
Artinya: Yaa Allah, Semoga rohmat ta’dhim Tuan tercurahkan keharibaan baginda Nabi Muhammad dan keluarga baginda Nabi Muhammad. Dan Semoga ketentraman / keridhoan Tuan menyertai seluruh Ummat.

Bila melihat arti sholawat diatas, seorang yang memuliakan Rosulullah wajib mendoakan tidak hanya orang beriman saja, tetapi juga seluruh umat. Karena seluruh manusia adalah ummat Rosulullah saw dan beliau adalah Rohmatan Lil ‘Alamin, maka kita harus meneladani langkah beliau.

Selain mendoakan, kewajiban kita ialah saling tolong menolong dalam hal kebaikan dan banyak berbuat kemanfaatan untuk sesama.

Contohnya ialah menolong tetangga kelaparan, bersedekah untuk anak yatim dan memuliakan tamu, serta tentunya banyak lagi amalan yang lain, yang bisa kita lakukan.

Dengan begitu maka sempurnalah wujud cinta kita, dengan tidak hanya melalui ucapan tapi juga melalui perbuatan yang bermanfaat. Oleh sebab itu janganlah kita hanya asyik beribadah untuk pribadi saja, karena itu belumlah cukup.

Tapi beribadahlah yang juga bisa membawa manfaat langsung untuk sesama. Karena sebaik baik manusia ialah yang paling banyak manfaatnya untuk manusia lainnya.

Semoga dengan wujud cinta kita kepada Allah dan RosulNya, kita bisa termasuk dalam golongan Keluarga Allah dan Rosulullah SAW. Bisa berkumpul selalu didunia dan akhiratnya. Amin. (atz)

The following two tabs change content below.