Belitung Akan Gelar Festival Geopark

  • Whatsapp
Foto ilustrasi: Pantai Tanjung Kelayang Belitung. (ist)

BELITUNG-Meningkatkan gairah wisata di Pulau Belitung, pulau yang terkenal dengan keindahan batu alam dan pantainya ini akan menyelenggarakan Festival Geopark Pulau Belitung selama lima hari, 22-26 November 2017.

Kegiatan yang akan ditampilkan dalam mulai dari seminar, pameran, geotrip, geocoffe, geobike, geowalk, geoband, hingga geoculture dipastikan akan heboh.

Muat Lebih

Ketua BP Geopark Pulau Belitung Dyah Erowati mengatakan, Festival Geopark Pulau Belitung 2017 merupakan kegiatan tahun kedua. Kegiatan akan dibagi di dua kabupaten, yakni Belitung dan Belitung Timur (Beltim).

“Acara pembukaan dimulai dari 22 November di Tanjungpandan, ada pameran, seminar hingga 24 November siang. Sore 24 November kita pindah ke Beltim, langsung geocoffe menikmati geoculture. Setelah itu baru dilanjutkan dengan berbagai kegiatan hingga ditutup 26 November,” ujar Dyah, Senin (6/11/2017).

Acara yang rencananya akan dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya ini tujuannya untuk memperkenalkan Geopark Pulau Belitung ke masyarakat luar baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Tujuan utamanya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat Pulau Belitung. Sekaligus untuk memperkenalkan ke masyarakat luar, tentang Geopark Pulau Belitung,” ujar Dyah.

Dyah mengungkapkan, ratusan orang akan dilibatkan dalam kegiatan itu. Bahkan panitia menargetkan 2.000 peserta, undangan serta wisatawan akan menyaksikan Festival Geopark Pulau Belitung.

“Panitia serta relawan yang kami libatkan bisa sampai 300-an orang dari komunitas dan pelaku industri pariwisata. Undangan itu dari berbegai Pemda dan pengurus geopark dari seluruh Indonesia dan Asia Pasifik,” ujar Dyah.

Event Geobike, yakni bersepeda sejauh 70-an kilometer akan mengambil rute mulai dari kawasan Gunong Kik Karak, menembus perkebunan sawit, situs-situs warisan geologi Belitong di sepenjang rute, hingga finish di kawasan wisata Tanjung Kelayang.

“Selain itu ada pula Geotrip yang akan melibatkan 500 sampai dengan 700 pelajar SMA se-Belitung. Siswa akan diajak menyinggahi situs-situs geologi Belitong. Mereka akan diberikan pengetahuan aspek-aspek geologi dari sebuah situs geologi di Belitong,” kata Dyah.

Pada hari yang sama dan di tempat yang sama, diadakan Geofair yang mengikutsertakan UMKM hingga menerbangkan 500 layang-layang yang telah disediakan di Pantai Tanjung Kelayang. Akan ada pula hiburan masyarakat dan pembagian doorprize di kawasan yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Pariwisata (KEK) tersebut. (***/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *