Bedah Buku Novel Scientific Fiction

  • Whatsapp
Foto: Novel 'Tegar' karya Umar Zein. (ist)

TEGAR: kisah stigma dan diskriminasi pengidap HIV Aids

MEDAN – Tegar adalah judul sebuah novel berbasis kisah nyata yang dialami oleh seorang anak pengidap HIV AIDS warisan kedua orang tuanya. Setelah orang tuanya meninggal, ia yang masih balita itu bersama abang dan kedua kakaknya diusir orang sekampung. Kemiskinan yang diderita keluarga itu semakin menyayat ketika perlakuan sosial di sekitarnya memperparah ruang hidup untuk mereka.

Muat Lebih

Terdiri dari 29 bab buku yang diterbitkan penerbit Swarnadwipa dan ditulis oleh Umar Zein, penulis produktif ini telah diluncurkan pertama kali pada saat hari ulang tahun Komite Aids HKBP di Balige pada tanggal 29 Maret 2019 lalu.

Kemudian pada tanggal 22 April 2019 dibedah oleh Profesor Bungaran Antonius Simanjuntak dari sudut antropologi, Dr. Ichwan Azhari sebagai Kepala Pusat Ilmu Sosial Unimed dan Drs. Mihar Harahap, kritikus sastra yang dipandu oleh Dini Usman.

Dalam paparan ketiga narasumber yang dihadiri dari berbagai kalangan baik mahasiswa, sastrawan dan masyarakat umum lainnya, dapatlah dimengerti bahwa pada faktanya sistem kekerabatan dekat yang demikian kuat dan masih menjadi bagian hidup masyarakat Batak tempat di mana Tegar dilahirkan tidak selamanya menjamin adanya dukungan moral dan finansial. Kekerabatan jauh atau bahkan sisi kemanusiaanlah yang akhirnya mendorong gerakan solidaritas itu muncul untuk memberi bantuan yang dibutuhkan keluarga fakir miskin itu.

Saat bedah buku ‘Tegar’ karya Umar Zein. (ist)

Tegar masih hidup dan kini beranjak remaja, bersekolah di SMP, kedua kakaknya bersekolah lebih tinggi namun abangnya yang menjadi orang tua saat ia membutuhkan bantuan apa saja saat ia masih kecil, penuh pengorbanan agar adiknya hidup, namun ia tak diketahui dimana rimbanya.

Novel ini sangat pantas dibaca dan menjadi referensi siapa saja untuk mengetahui tentang HIV AIDS dan pengobatannya serta tingkat keberhasilan bertahan dengan harapan hidup yang jauh lebih baik karena gaya bahasanya mudah dicerna. Buku dapat dipesan langsung ke penulis melalui email: uzein2000@yahoo.com atau ke penerbitswarnadwipa@gmail.com. (**/gr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *