Bakamla Gelar FGD Sistem Pembinaan Latihan di Lingkungan Bakamla RI

oleh -5 views

JAKARTA – Guna menindaklanjuti Perka Bakamla No. 2 Tahun 2018 tentang Pedoman Latihan SDM Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut. Direktorat Latihan Bakamla RI menggelar Focus Group Discussion (FGD) Sistem Pembinaan Latihan bagi personel Bakamla di Mabes Bakamla RI, Kemarin

Kegiatan dibuka oleh Deputi Operasi dan Latihan Bakamla Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribawa, CHRMP. Dalam sambutan pembukanya, Laksda Bakamla I Gusti Kompiang Aribawa mengatakan pembinaan latihan merupakan suatu upaya yang dilaksanakan dalam rangka membentuk, memelihara, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan serta keterampilan personel Bakamla RI secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut sesuai dengan tugas dan fungsi Bakamla RI dalam penyelenggaraan keamanan, keselamatan dan penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia melalui patroli mandiri, patroli bersama maupun patroli terkoordinasi.

Kegiatan yang dihelat selama 2 hari ini, turut menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya. Hadir Dirdik Kodiklatal Laksma TNI Dato Rusman S.N.,S.E.,M.,Si., yang memaparkan tentang tingkatkan kemampuan dan kehandalan personel dan satuan pendukung agar tercapai tingkat kesiapsiagaan operasi dalam rangka melaksanakan tugas. Kemudian Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN RI, Ibu Dr.Tr.Erna Irawati S.SOS., M.POL.ADM., memaparkan tentang Tugas pokok, Peraturan Pembinaan dan Sistem Pembinaan Pelatihan.

FGD diikuti puluhan peserta dari Personel Bakamla RI Pusat serta perwakilan personel Zona Bakamla Barat, Tengah, Timur, Stasiun Bakamla RI dan Personel KN.