Alumnus Siswa Sekolah Dinas Luar Negeri (Sekdilu) Angkatan X, Suksesnya Pengabdian Sebagai Diplomat dan Karya Cipta Musik

oleh -15 views
Alumnus Siswa Sekolah Dinas Luar Negeri (Sekdilu) Angkatan X

YOGYAKARTA – Sabtu malam 16 Oktober 2021 merupakan malam khusus bagi para praktisi dan pemerhati diplomasi di Tanah Air. Para alumnus siswa Sekolah Dinas Luar Negeri (Sekdilu) Angkatan X mengadakan acara refleksi dengan mengundang senior dan mentor mereka, yakni mantan Menlu Dr. Hassan Wirajuda dan Dubes Soemadi Brotodiningrat.

Sebagaimana diketahui alumnus Sekdilu Angkatan X sejak 1984 telah amengabdi di berbagai perwakilan RI di mancanegara. Meskipun sebagian besar telah purna tugas dan menjadi wira usaha, beberapa dari mereka masih aktif di lembaga dan kementerian.

Acara mendengarkan catatan mantan Menlu Hassan Wirajuda tentang kinerja dan kekompakan para diplomat alumnus dalam menjalankan misi dan tugas. Menurut Hassan Sekdilu X telah membuktikan kinerja dengan penuh dedikasi.

“Saya menilai bahwa secara umum alumni Sekdilu Angkatan X telah menunjukkan integritas mereka dan tidak merasa menjadi elitis”, ujar Hassan.

Kesan sama juga diberikan diplomat senior Dubes Soemadi Brotodiningrat. Soemadi menilai kinerja mereka baik dan pengalaman serta ilmu yang diperoleh dari berbagai penugasan itu harus terus dikembangkan.

“Diplomat adalah orang yang perlu terus belajar dan mengikuti perkembangan sosial”, kata Soemadi yang telah berkesempatan menjadi Dubes tiga kali tersebut.

Disampaikan juga agar pasca pengabdian sebagai pegawai negeri sipil jangan langsung berdiam diri. “Diplomat bisa menjadi komunikator antara pihak luar dan domestik”, kata Soemadi.

Di bagian akhir pesan mereka, kedua diplomat senior tersebut menyampaikan pesan kepada kaum muda yang ingin terjun di bidang diplomasi. Hassan Wirajuda menekankan perlunya banyak membaca dan mengikuti perkembangan isu internasional.

Acara ”Untaian Nada Sekdilu X” telah terselenggara dengan lancar. baik. Kebersamaan dan bobot penguasaan substansi para diplomat Sekdilu X sangat terasa dalam perpaduan antara nyanyi, puisi, dan talk-show dengan beragam tema. Sebanyak 8 lagu dipersembahkan baik melalui sajian solo maupun paduan suara.

Talkshow juga akan memasukkan penghormatan kepada anggota SSX yang telah meninggal dengan menampilkan karya lagu dan puisi SSX. Hal ini mendasari spirit semangat untuk tetap dalam kebersamaan yang berkelanjutan. (red)

The following two tabs change content below.
Gambar Gravatar

gapuranews

Gambar Gravatar

Latest posts by gapuranews (see all)